Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy
DPR  

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel Lutfi Saifuddin Ajak Generasi Milenial Lestarikan Budaya Kalsel

banner 120x600
banner 468x60

Tanah laut, infobanua.co.id  – Sudah bukan rahasia lagi apabila kesenian tradisional di Indonesia mulai ditinggalkan generasi Milenial negeri ini, dan masuknya berbagai kebudayaan luar melalui berbagai media, terutama televisi, tidak sedikit ikut mempengaruhi kelunturan apresiasi terhadap kesenian tradisional.

Itulah yang membuat Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Selatan (Kalsel) H. M. Lutfi Saifuddin, S. Sos semangat ajak pemuda Banua Kalsel lestarikan Budaya Kalsel melalui Perencanaan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) yang dilaksanakan di Pantai Batakan Kabupaten Tanah Laut, Minggu (04/12) pagi.

banner 325x300

Dalam propemperda tersebut, Ketua Komisi IV, H. M. Lutfi Saifuddin, S. Sos menyandingkan dengan kesenian daerah dari Laung Kuning Banjar.

Lufti, sapaan akrabnya menyampaikan pertemuan kali ini erat kaitannya dengan kebudayaan kalsel yang diharapkan salah satu kesenian ini tidak luntur oleh zaman modern.

Lebih lanjut lutfi memaparkan tentang Perda Kebudayaan No.4 tahun 2017 tentang Budaya Banua dan Kearifan lokal. Menurutnya, Perda ini merupakan hasil gagasan, karya yang bernilai luhur dalam kehidupan masyarakat.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut maka perlu menetapkan Peraturan Daerah untuk menjamin kelestarian budaya Banua dan kearifan lokal di daerah, diperlukan rencana, arah dan kebijakan berkelanjutan yang bertujuan memandu pembangunan daerah menuju cita-cita negara sejahtera.

“Sosper kali ini kita sandingkan dengan kesenian Banjar yaitu Laung Kuning dan bertempat di salah satu Wisata pantai di Kabupaten Tanah Laut. Di mana di sini tempatnnya anak muda berkumpul dikala hari libur dan sekaligus promosikan salah satu kesenian khas banjar ini. Dan alhamdulillah anak muda sekitar antusias mengikuti kegiatan hari ini,” ujarnya.

Di sela acara Lutfi juga menambahkan kebudayaan ini adalah tanggung jawab semua terutama generasi selanjutnya.

“Ini salah satu wujud kami kepada anak muda generasi milenial untuk bersama sama semangat lestarikan budaya asli Kalsel dan berharap generasi selanjutnya bisa meneruskan tanggung jawab ini,” harap Lutfi.

Di sisi lain, Ketua Penasihat DPC Laung Kuning Banjar, H. M. Rusli sangat mengapresiasi DPRD Kalsel yang telah mempromosikan kesenian Laung Kuning Banjar. Pihaknya beranggapan pertemuan kali ini dapat jauh meningkatkan budaya di Kalsel.

Fad/IB

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *