TANJUNG – Pemasangan selempang menjadi rangkaian prosesi dikukuhkannya Ketua TP PKK Tabalong Hj Syarifah Syifa sebagai Bunda Literasi dan Bunda Forum Anak Daerah (FAD) Tabalong. Pengukuhan dilakukan langsung Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani pada momentum peringatan Hari Ibu ke-94, Rabu (14/12/2022) di Pendopo Bersinar.

Dalam sambutamnya bupati mengatakan, keberadaan Bunda Literasi berfungsi sebagai wadah memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pengembangan literasi, baik di lingkungan keluarga maupun satuan pendidikan hingga masyarakat. “Diharapkan ini sebagai motivator dan semangat untuk menumbuhkan minat baca masyarakat melalui program yang dijalankan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong,” kata Bupati

Disampaikannya juga, jumlah pembaca yang ada saat ini masih di bawah standar UNESCO, oleh karenanya upaya meningkatkan gemar membaca perlu dilakukan. “Melalui Bunda Literasi bersama bunda-bunda lainnya bisa menjadi contoh bagi generasi penerus tentang pentingnya membaca,” katanya.

Sedangkan terkait Bunda FAD Tabalong dirinya juga menganggap penting karena akan sangat mendukung dalam upaya untuk mendapatkan Kabupaten Layak Anak (KLA) Utama.

Saat ini untuk Tabalong sudah berada di jalur yang benar dalam pelaksanaan program KLA, terbukti dengan telah diraihhnya penghargaan  KLA Pratama dan berhasil naik ke KLA Nindya dua tahun berturut-turut. “Satu-satunya kabupaten di Kalsel yang menerima anugerah KLA Nindya hanya Tabalong, ini maksudnya di Tabalong dianggap mampu melindungi hak-hak anak,” katanya.

Artikel ini telah tayang di BanjarmasinPost.co.id dengan judul Bupati H Anang Syakhfiani Kukuhkan Bunda Literasi dan Forum Anak Daerah Tabalong , rls/ang

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *