PELAIHARI – Pembangunan kian bergerak cepat di Kabupaten Tanah Laut (Tala) yang kini genap berusia 57 tahun pada 2 Desember 2022. Cukup banyak perubahan signifikan sejak empat tahun terakhir di bawah kepemimpinan Bupati Drs HM Sukamta MAP dan Wakil Bupati Abdi Rahman SPd.

Dengan tema Hari Jadi ke-57 tahun ini yakni Simpun Amanah Tanah Laut Berkah, Sukamta dan Abdi Rahman akan menuntaskan program-programnya membangun Bumi Tuntung Pandang sesuai visi misi BERINTERAKSI (Berkarya, Inovasi, Tertata, Religius, Aktual, Sinergi). Berikut BPost memaparkannya dalam bentuk liputan khusus.

Penguatan pelayanan publik terus diperluas dan ditingkatkan kualitas maupun kuantitasnya. Termasuk di antaranya sertifikasi lahan masyarakat melalui program Pendaftaran Sistematis Lengkap (PTSL) Kantor Pertanahan (Kantah) Tala yang pembiayaannya ditopang APBD Tala sejak tahun lalu.

Pemkab Tala mulai mengalokasikan anggaran biaya sertifikasi lahan masyarakat tersebut sejak tahun 2021. Perwakilan warga Kecamatan Bumimakmur ceria menerima sertifikat tanah yang diserahkan Bupati Tala HM Sukamta didampingi anggota DPR RI Rifqinizamy Karsayuda, Kakanwil BPN Kalsel, Rabu (19_10).

Tahun ini (2022) sasarannya bertambah yakni 10 ribu bidang sertifikat, dan tahun 2023 sebanyak 15 ribu bidang sertifikat. Pada tahun 2024 mendatang pun Sukamta memastikan program tersebut tetap berlanjut meski masa jabatannya berakhir pada September 2023. Ini karena dirinya masih sempat menyusun dan membahas KUA PPAS (Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Sementara) tahun 2024.

Langkah yang ditempuh Bupati Tala HM Sukamta tersebut mendapat apresiasi tinggi anggota Komisi 2 DPR RI Rifqinizamy Karsayuda. Dirinya bahkan mengaku takjub atas kerja Bupati Tala dan kepala Kantah Tala karena mampu mengkolaborasikan dana APBN dan APBD dalam hal percepatan sertifikasi lahan masyarakat. “Kolaborasi itu membantu kita semua menyelesaikan target RPJMN dimana tahun 2025 seratus persen tanah di Indonesia harus terdaftar dan tersertifikat,” ucap Rifqinizamy beberapa waktu lalu saat hadir pada acara penyerahan sertifikat PTSL di kantor Kecamatan Bumi Makmur.

Rls/ang

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *