Tanjung, infobanua.co.id – Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), sebab dengan SDM unggul Kabupaten Tabalong akan dapat meningkat maju ke depan. Untuk bisa bersaing dengan para pendatang di Ibu Kota Negara (IKN) Baru,

Hal itu, disampaikan Menteri dalam Negeri (Mendagri) Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs H Muhammad Tito Karnavian M.A Ph.D, secara virtual di acara puncak peringatan Hari Jadi (Harjad) Tabalong ke-57, Selasa (6/12) bertempat di Halaman Pendopo Bersinar Pembataan Tanjung.

Menurut Tito, dengan didukung oleh SDM yang unggul bisa menjadikan Kabupaten Tabalong melompat untuk maju, dengan didukung oleh SDM yang unggul bisa menjadikan Kabupaten Tabalong melompat untuk maju, masyarakat akan menjadi sejahtera, ujarnya.

“Juga dengan SDM yang unggul bisa menangkap peluang-peluang yang ada dengan adanya IKN yang tidak jauh dari Tabalong, ini bisa menjadi penunjang IKN, bayangkan jika nantinya benar-benar terwujud, semua kepentingan yang sifatnya nasional akan menuju IKN dan seluruh dunia akan tertuju perhatiannya ke IKN,” jelas Tito.

Selebihnya, Tito juga mengungkapkan bahwa kesehatan masyarakat di Kabupaten Tabalong menjadi prioritas menyambut IKN, “berikan layanan kesehatan yang gratis kepada masyarakat,” pesannya.

Termasuk program stunting untuk mengatasi kekurangan gizi, selama 1.000 hari masa pertumbuhan anak, berikan mereka makanan tambahan ataupun nutrisi yang baik sehingga mereka akan tumbuh memiliki fisik yang besar dan bagus, demikian pungkas Mendagri Tito Karnavian.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang dibacakan oleh Wakil Gubernur H Muhidin mengatakan bahwa di momentum Harjad Tabalong yang ke-57 ini bagi masyarakat Kabupaten Tabalong untuk memantapkan langkah yang lebih maju dan mensejahterakan.

Menurut Muhidin Berkait tema Harjad Kabupaten Tabalong ke-57 yakni “Kerja Bersama Wujudkan Tabalong sebagai Serambi Depan Kalimantan Selatan, Penyangga Ibu Kota Negara” adalah sebuah tema yang sangat relevan dan selaras dengan pembangunan di Kalsel. “Untuk itu mari kita menjadikan peringatan Harjad ini sebagai momentum untuk mensyukuri dan memaknai kembali perjalanan panjang dan capaian pembangunan mulai dulu hingga saat ini,” ujarnya.

Pemerintah Provinsi Kalsel sangat mengapresiasi komitmen dan konsistensi pemerintah Kabupaten Tabalong dalam membangun daerah, khususnya agenda-agenda pemulihan ekonomi pasca pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). “Tahun ini agenda pemulihan ekonomi nasional adalah salah satu fokus kita yang harus dikerjakan bersama,” ujarnya.

Dil/IB

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *