Barabai, infobanua.co.id – Pembekalan dalam rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Penetapan Status Bencana Hidrometeorologi Tahun 2022 sekaligus Pembukaan Acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas TRC (Tim Redaksi Cepat) BPBD Kabupaten HST.

Pembekalan berlangsung Gedung Murakata Jl. Bhakti No. 01 Kec. Barabai Kab. Hulu Sungai Tengah (HST) Kalimantan Selatan, Kamis (08/12).

Sebelumnya, Kepala Pelaksana BPBD Kab. HST H. Budi Hariyanto S.Kep, M.M, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas TRC BPBD Kabupaten HST.

“Sehingga setiap daerah semakin respon, cepat dan tanggap dalam menangani bencana yang ada di wilayah masing-masing,” katanya.

Sedangkan Pemerintah Kabupaten HST menetapkan status siaga bencana Hidrometeorologi (banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung) sejak tanggal 8 Desember 2022 sampai dengan tanggal 8 Februari 2023, ujar Bupati HST H.Aulia Oktafiandi.ST.,M.AppCom dalam sambutannya sekaligus membuka Rapat Koordinasi Penetapan Status Bencana Hidrometeorologi Tahun 2022.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 1002/HST Letkol Kav Gagang Prawardhana.S.I.P.,M.Han memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada peserta pelatihan agar nantinya dapat dijadikan bekal dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan.

“Yang intinya ikhlas dalam melaksanakan tugas kemanusiaan,” ujarnya.

Dandim juga menegaskan bahwa TNI akan selalu bersinergi dengan stakeholder yang ada dalam penanganan bencana alam (tanah longsor, banjir dan puting beliung).

“Sehingga akan terjalin kerjasama yang solid, cepat, kompak dan tepat melalui para Babinsa yang ada di wilayah,” pungkasnya.

Fad

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *