Sampit, infobanua.co.id – Ketua Umum Gerakan Pemuda Dayak Indonesia ( GERDAYAK) Yansen Bintih mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk waspada dengan anasir-anasir yang dalam arti lain pendapat yang tidak bisa dipertanggungjawabkan masuk ke Bumi Tambun Bungai, baik itu berupa Kelompok tertentu, maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) maupun ormas yang sifatnya dari luar Kalteng yang tidak diketahui, mesti diwaspadai.

“Karena bagaimanapun kita perlu menjaga daerah agar tetap aman, dengan masuknya ajaran yang tidak baik dari luar nantinya akan membuat kita bisa gaduh,”jelas Yansen Bintih.

Berbeda pandangan, berbeda pendapat hal ini juga bisa terjadi kisruh dilingkungan masyarakat, Hal itu di ungkapkan Yansen Bintih pada saat Sosialisasi Gerdayak tentang bahaya intoleransi, Radikalisme dan Terorisme di desa Sungai Ubar Kecamatan Cempaga Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur,Selasa (6/12/2022).

Yansen juga mengungkapkan, jika ada sesuatu lembaga (LSM) dari perbuatannya dianggap yang merugikan banyak pihak dan menebar isu tidak baik, serta membuat gesekan di tengah masyarakat untuk itu Hansen kepada masyarakat meminta jangan takut untuk menghadapinya.

“Segera saja laporkan, Kesbangpol, Kecamatan, Ke Dewan Adat Dayak (DAD), Kepala Desa, Mantir Led Adat, Polri dan TNI,” tuturnya.

Di tambahnya Jika nanti kelompok itu terbukti bersalah, maka layak dibawa ke ranah hukum untuk diproses. Karena masyarakat Kalteng ingin hidup damai, tanpa adanya hasutan dari luar, yang berpotensi memecah belahkan warga dayak.

“Disini Sosialisasi lebih banyak membahas, persoalan intoleransi, radikalisme dan terorisme, serta mengantisipasi adanya peredaran narkoba di lingkungan desa,” terang Hansen.

Sosialisasi ini terang Hansen bertujuan untuk menjaga kehidupan sosial masyarakat, supaya berjalan dengan baik. Karena saat ini Indonesia akan menghadapi pesta demokrasi serentak, jadi gesekan di tengah masyarakat harus diantisipasi sejak dini.

“Kami akan mengimbau masyarakat, untuk tidak mudah terpengaruh terhadap isu yang tidak benar. Apalagi ada kelompok masyarakat yang melakukan perlawanan terhadap orang tertentu dengan radikal,” katanya.

Zainal.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *