Martapura, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) lakukan Uji Publik Desain penyusunan Detail Engineering Design (DED) revitalisasi penataan kawasan Sekumpul lanjutan di Kantor Kelurahan Sekumpul, Martapura, Kamis (8/12/2022) siang.

Kegiatan dibuka Sekda Banjar HM Hilman didampingi Kepala PUPRP Anna Rosida Santi, pendamping dari Kejari Martapura dan konsultan perencana lanjutan penataan kawasan Sekumpul serta Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Selatan.

Uji publik DED ini juga dihadiri oleh warga Sekumpul yang tanah mereka terdampak proyek penataan kawasan Sekumpul dari jembatan irigasi Sekumpul sampai Sekumpul Ujung.

Uji publik tersebut banyak mendapat tanggapan dan masukan dari masyarakat terkait dengan lebar jalan, pedestrian (trotoar) serta luas saluran air yang di bawah pedestrian agar benar benar menampung debit air, sampah hingga parkir.

Sekda HM Hilman menyampaikan terkait dengan desain yang dipaparkan oleh konsultan, adalah desain yang direncanakan dengan lebar pedestrian 2 meter sebelah kanan dan 2 meter sebelah kiri serta jalan 9 meter.

“Terkait jalan, untuk pedestrian itu adalah untuk saluran air dan juga untuk kabel listrik dan telkom serta pipa air bersih,” imbuh dia.

Hilman menjelaskan untuk tahap selanjutnya, jalan tersebut akan dibuat lebih besar untuk mengurangi kemacetan serta memperkecil pedestrian.

Sementara Kepala PUPRP Banjar Anna Rosida Santi menyebut masukan dan harapan dari warga Sekumpul tersebut akan diakomodir oleh pihaknya dalam perencanaan dan sosialisasi yang lebih detailnya akan dijadwalkan kembali oleh pihak kelurahan di RT setempat.

Anna menambahkan untuk sosialisasi lanjutan masih menunggu pihaknya bersama Kelurahan Sekumpul mengumpulkan bukti bukti dan turun ke lapangan melakukan pengukuran tanah yang terdampak.

“Jika kami sudah mengetahui pengukuran tanah yang terdampak, nanti akan kami sampaikan kepada warga bersangkutan melalui sosialisasi terinci,” pungkas dia.

Fad/IB

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *