BANJARBARU, infobanua.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Sahbirin Noor yang didampingi oleh Kepala Kanwil Ditjen Kalsel, Sulaimansyah. menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Petikan dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) tahun 2023, kepada satuan kerja Kementerian/Lembaga dan Bupati/Walikota se-Kalsel, Rabu (7/12/2022)

Acara tersebut, dimulai dengan laporan Kepala Kanwil Ditjen. Perbendaharaan Kalsel, Sulaimansyah yang memaparkan perkembangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2022 s.d. November 2022 serta pokok-pokok kebijakan APBN tahun 2023.

“Realisasi APBN di Kalsel sampai dengan 30 November 2022 telah mencapai Rp.26,84 triliun atau 93.48 persen dari pagu Rp.28,72 triliun.” Ungkapnya

Lebih lanjut Sulaimansyah juga mengatakan Kondisi perekonomian nasional menjelang akhir tahun 2022 ini menunjukkan tren positif dan masih tumbuh kuat dengan pertumbuhan diatas 5% selama 4 triwulan berturut-turut, dimana pada triwulan III mencapai 5,72% (yoy). Sementara di Kalsel pertumbuhan ekonomi triwulan III mencapai 5,59% (yoy).

“Inflasi nasional relatif moderat dibandingkan negara-negara lain dan menunjukkan penurunan ke level 5.42% (yoy) di bulan November dari sebelumnya 5,71% di bulan Oktober 2022. Meskipun angka inflasi bulan November 2022 masih cukup tinggi diatas inflasi nasional yang mencapai 7,06% (yoy),” ucapnya

“Dengan capaian tersebut, optimisme proses pemulihan ekonomi terus dijaga, meskipun Pemerintah harus makin waspada terhadap resiko global yang berasal dari faktor geopolitik, penerapan zero covid policy di RRT yang menyebabkan perlambatan ekonominya, maupun dampak pengetatan kebijakan moneter di negara maju untuk pengendalian inflasi yang berakibat pelemahan ekonomi global, meningkatkan suku bunga global, memicu aliran modal keluar dan menimbulkan tekanan terhadap nilai tukar.” tambahnya.

Disamping itu Gubernur Kalsels, H. Sahbirin Noor dalam pengarahannya menyampaikan pesan secara khusus kepada Kepala Daerah baik Bupati/Walikota untuk serius memperhatikan pergerakan inflasi di daerah masing-masing secara detail dan mempercepat realisasi belanja, mengingat tantangan sektor perekonomian di tahun 2023 yang tidaklah mudah.

“Kepada pimpinan satuan kerja/SKPD, diingatkan agar segera melakukan langkah-langkah optimalisasi penyerapan anggaran sesuai dengan rencana, selain bekerja dengan cepat dan responsif, aspek akuntabilitas dan transparansi juga harus dikedepankan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, meningkatkan koordinasi dan kolaborasi, juga semangat untuk bergerak Bersama mewujudkan cita-cita untuk memajukan Banua, bangsa, dan Negara” Terangnya

Adapun dalam acara tersebut turut hadir Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Raden Suria Fadliansyah, M.Pd. dirinya siap menindaklanjuti arahan Gubernur Kalsel terkait alokasi TKD tahun 2023 ditingkat daerah, yang mana Kabupaten HSU sendiri mendapatkan kenaikan alokasi TKD 20,54% dari tahun sebelumnya atau senilai Rp.1.10 Triliun.

“Sebagaimana arahan yang kami terima, TKD 2023 diarahkan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik di daerah, untuk mendukung sektor-sektor prioritas yang akan dilaksanakan oleh daerah serta meningkatkan sinergi kebijakan fiskal serta harmonisasi belanja pusat dan daerah dalam rangka mendukung kinerja daerah, mengentaskan kemiskinan dan memajukan perekonomian daerah,” ujarnya.

Selain itu Suria mengaku senang dalam acara tersebut, karena Kabupaten HSU juga menerima penghargaan pemerintah daerah Kabupaten/Kota dengan raihan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 7 tahun berturut-turut (2015-2021) serta penghargaan Pemerintah Daerah Terbaik Pertama dalam kinerja penyaluran dana desa triwulan III tahun 2022.

Menurut Suria, semua ini berkat kerja keras dan kekompakan seluruh ASN yang ada dilingkup Pemkab HSU, sehingga segala capaian ini bisa diraih dan kepada seluruh jajaran ASN jangan dulu berpuas hati karena masih banyak yang harus dibenahi dan apa yang kita capai hari ini hendaknya jadi semangat untuk membuktikan kita mampu lebih baik kedepannya.

“Tingkatkan kinerja Pemerintah Daerah dalam perbaikan layanan kepada masyarakat dan memajukan perekonomian di daerah,” tegasnya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *