Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy
JABAR  

Anggaran Dana Donasi Bencana Gempa Yang Digunakan Pemkab Cianjur Untuk Pembelian Tenda dan Pembuatan Jemuran Jadi Sorotan

banner 120x600
banner 468x60

Cianjur, infobanua.co.id – Jumlah nominal dana donasi bencana gempa yang dipakai pemkab Cianjur untuk Pengadaan tenda dan pembuatan jemuran di pengungsian senilai Rp.3.790.000.000, menjadi sorotan.

Pasalnya nominal anggaran tersebut dianggap besar untuk pengadaan tenda dan pembuatan jemuran, karena sepengetahuan masyarakat terkait masalah tenda untuk para pengungsi sejauh ini di support oleh BNPB dan Kemensos.

banner 325x300

Direktur Politic Social and Local Goverment Studies (Poslogis), Asep Toha (Kang Asto) mengatakan Jika Pemkab Cianjur membeli tenda dan membuat jemuran untuk pengungsi bencana dari dana donasi yang terkumpul maka publik patut menanyakan Anggaran dari APBD kemana.

Jika melihat untuk beli tenda dan jemuran saja dari dana donasi, pertanyaannya anggaran yang dari APBD masuknya ke mana saja???.,”kata Asto melalui pesan whatsapp yang diterima Infobanua.co.id, Kamis (08/12/2022).

Asto menuturkan publik akhirnya bertanya, berapa anggaran kebencanaan yang dianggarkan oleh APBD Cianjur dan berapa BTT yang tersedia, sebagai anggaran back up APBD untuk kegiatan -kegiatan yang tak terduga, salah satunya untuk penanganan bencana.

Sebab menurut Asto, dari besaran anggaran bencana dan BTT akan tergambar seberapa peduli kepala daerah terhadap kebencanaan, mengingat Cianjur termasuk daerah rawan bencana, termasuk bencana gempa bumi.walau memang Gempa Cianjur itu bukan dari Sesar Cimandiri, tetapi dari sesar aktif yang belum terpetakan.

“Sebagai bentuk Mitigasi bencana LIPI sendiri sudah memperingatkan 4 tahun lalu, bahwa Sesar Cimandiri berpotensi gempa,”tutur Asto.

Ia mengatakan ke depan Kabupaten Cianjur harus memposkan anggaran kebencanaan
minimal sebesar Rp.150 M yang tersimpan di BTT.

“Pemkab harus memposkan anggaran kebencanaan, Sebab ada bencana lain yang harus diwaspadai, yaitu potensi Tsunami Jawa Bagian Selatan, sebagaimana diungkap para peneliti LIPI sekitar satu bulan lalu,”tandasnya.

Diketahui sebelumnya Asisten Daerah II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Cianjur, Budi Rahayu Thoyib, mengatakan sebanyak Rp.3.790.000.000,dari dana donasi yang terkumpul di Pemkab Cianjur untuk bencana gempa yang terjadi,telah digunakan pemkab untuk kebutuhan pembelian tenda dan pembuatan jemuran di pengungsian.

“Seperti untuk pembuatan jemuran di pengungsian serta pengadaan tenda tenda pengungsian. Nilai donasi yang sudah digunakan lebih kurang Rp3.790.000.000,”ungkap Asisten Daerah II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Cianjur, Budi Rahayu Thoyib, Selasa (06/12/2022).

Hasbi (Abi)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *