Tenggarong, infobanua.co.id – Sebanyak 12 orang ASN Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara mengikuti Training Analisis Media di Yogyakarta. Training yang berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 5 hingga 6 Desember 2022 tersebut digelar di Kantor Indonesia Indicator Yogyakarta yang ada di Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Kepala Bidang Pengelolaan Layanan Informasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupten Kutai Kartanegara Surya Admaja menyampaikan tujuan training tersebut untuk meningkatkan pemahaman SDM Diskominfo Kukar tentang Sistem Intelligence Media Analytics (IMA) dan Intelligence Socio Analytics (ISA).

Disampaikannya bahwa training tersebut diberikan oleh PT. Indonesia Indicator yang selama ini bekerjasama dengan Diskominfo Kukar dalam analisis media online dan media sosial.

Narasumber dalam training tersebut adalah Manajer Area Indonesia Indicator DIY, Taufik Hidayat dan

Manajer Training dan Riset Indonesia Indicator, Nur Imroatus S. Dalam training tersebut disampaikan materi pengenalan dan pendalaman Sistem Intelligence Media Analytics (IMA) dan Intelligence Socio Analytics (ISA) beserta fitur-fiturnya. Juga disampaikan hasil reporting Sistem IMA dan ISA.

Kedua narasumber menyampaikan tentang pentingnya pihak Pemerintah untuk melakukan analisis media. Dijelaskannya dengan melakukan analisis media baik online ataupun pada media sosial, maka pihak Pemerintah dapat mengetahui sentimen positif dan negatif dari publikasi-publikasi yang ada di cyberworld.

Dijelaskan oleh kedua narasumber bahwa pemahaman terhadap sentimen pada media, dapat menjadi dasar dalam penetapan agenda prioritas Pemerintah, mendesign strategi komunikasi, pembuatan rencana kerja, percepatan dan pengalihan pelaksanaan kegiatan, bahan rapat evaluasi, bahkan untuk mengarahkan dan design kebijakan di masa depan.

Dalam kunjungan tersebut terjadi dialog dan diskusi yang hangat antara Tim Diskominfo Kukar dan Tim PT. Indonesia Indicator. Setelah paparan dan diiskusi dilakukan kunjungan pada tempat kerja tim analis PT. Indonesia Indicator. din

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *