Nganjuk, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) kembali menyerahkan sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).Untuk kali sertifikat tanah program PTSL berjumlah 638 diserahkan kepada warga Desa Sugihwaras,Kecamatan Ngluyu,Kabupaten Nganjuk.

Plt Bupati Nganjuk H.Marhaen Djumadi menjelaskan sertifikat tanah merupakan salah satu target Bupati Nganjuk dan target Presiden Jokowi.Pada tahun 2024 mendatang pemerintah berharap semua tanah pekarangan,bengkok,rumah yang berada di wilayah Kabupaten Nganjuk sudah merupakan sertifikat hak milik.

“Khusus Kabupaten Nganjuk kami targetkan tahun depan sebanyak 53.000 sertifikat tanah dapat diterbitkan.Termasuk di dalamnya tanah pekarangan, bengkok, rumah yang belum mempunyai sertifikat akan kami daftarkan.Ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada warga,” jelas Marhaen,Kamis (8/12/2022).

Marhaen mengatakan melalui pembagian sertifikat tanah ini diharapkan dapat mensejahterakan masyarakat.Karena dengan mempunyai sertifikat tanah,maka pribadi warga akan merasa aman.

Marhaen juga menambahkan bahwa sertifikat tanah tersebut mempunyai beberapa kegunaan.Yaitu untuk memberikan kepastian hukum,sertifikat mempunyai nilai ekonomi yang lebih tinggi,sertifikat dapat digadaikan untuk usaha maupun investasi,dengan mempunyai sertifikat warga dapat menghindari diri dari sengketa dan untuk melindungi hak milik pribadi.

“Alhamdulillah untuk warga Desa Sugihwaras kurang lebih sebanyak 638 warga sudah mendapatkan sertipikat tanah melalui program PTSL.Semoga sertifikat itu bermanfaat untuk warga,” tandas Marhaen Djumadi.

(prs)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *