Sampit, infobanua.co.id – Tiga sekolah binaan BGA-Bumitama patut diacungkan jempol diantaranya SMPS- 1 BGA-Bumitama Antang Kalang, SDS BGA-Bumitama Metro Kendawangan dan SDS BGA-Bumitama SBHE Pundu, meraih penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional 2022 dari Kementerian Lingkungan dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia Desember 2022.

Hal ini membuktikan kembali bahwa BGA-Bumitama telah berhasil melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS). Gerakan PBLHS itu sendiri ditujukan untuk mendorong aksikolektif agar, seluruh warga sekolah secara sadar dan sukarela serta berkelanjutan menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup yang meliputi aspek kebersihan, fungsi, sanitasi dan drainase, pengelolaan sampah, penanaman dan pemeliharaan pohon ,tanaman, konservasi air, konservasi energi dan inovasi terkait perilaku ramah lingkungan hidup lainnya berdasarkan hasil dentifikasi potensi dan masalah lingkungan hidup.

“Gerakan PBLHS merupakan implementasi aspek ESG dan saya sangat bangga, mengetahui bahwa bapak ibu guru serta sekolah di Indonesia sejak lama berkontribusi terhadap pengembangan ESG dan kualitas lingkungan dunia dengan penuh dedikasi dan semangat melalui partisipasi di dalam Gerakan PBLHS Program Adiwiyata yang dilaksanakan KLHKN sejak tahun 2006” Ungkap Dr.Alue Dohong Ph.D selaku Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dalam sambutannya saat Penyerahan Penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Nasional Tahun 2022.

Dalam penyerahan tersebut ada 94 sekolah Adiwiyata Mandiri dan 305 sekolah Adiwiyata Nasional se-Indonesia. Tiga di antaranya adalah sekolah binaan BGA-Bumitama. Yayasan BGA-Bumitama sangat senang atas pencapaian penghargaan Adiwiyata Nasional 2022 ini. Sertifikat Adiwiyata ini merupakan bonus dari segala usaha yang telah diberikan oleh tim sekolah dalam menumbuhkan budaya peduli lingkungan yang kami coba tanamkan sejak dini.

“Kami akan terus menjaga penghargaan Adiwiyata Nasionalini, meningkatkan literasi, mengembangkan inovasi dan jugabudaya peduli lingkungan. Salam berkarakter setulus hati” Terang Sri Wahyuni Nur Hidayah selaku Pengurus Yayasan Bumitama.

Dr.Iwan Syahril selaku Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah mewakili Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Mengucapkan selamat kepada para Juara termasuk semua Satuan Pendidikan memiliki jiwa untuk penggerak, bukan hanya sekolah itu sendiri tapi juga bisa menularkan kesekolah lainnya. Menurutnya penghargaan ini merupakan tanggungjawab, karena yang mudah bukanlah meraih tapi lebih mempertahankan.

“Semoga ini bisa menjadi teladan dan juga bisa terus menjaga alam serta lingkungan sekitar sebagai upaya kita untuk generasi mendatang.”Ujarnya menutup pembicaraan.

Zainal.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *