Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy
JABAR  

Diduga Ada Intervensi,Oknum Sekdes Sukasari, Kecamatan Cilaku Jadi Penerima Bantuan Rekonstruksi Rumah Terdampak Gempa Cianjur, Kades: Tidak Tahu Kenapa Bisa Lolos

banner 120x600
banner 468x60

Cianjur, infobanua.co.id – Bantuan Rekonstruksi Rumah Korban terdampak bencana gempa Cianjur, di Desa Sukasari,Kecamatan cilaku tidak tepat sasaran dan diduga ada Intervensi dalam pengajuannya.

Seperti terungkap nama Sekretaris Desa (Sekdes) Sukasari bernama Ceceng Najmudin terdata menjadi penerima bantuan rekonstruksi rumah terdampak gempa tersebut,padahal sesuai pantauan rumah yang bersangkutan yang beralamat di Kampung Cilaku Hilir,Desa Sukasari, Kecamatan Cilaku tidak terdampak atau tidak mengalami kerusakan yang serius.

banner 325x300

Selain itu pantauan di lapangan di wilayah kp Cilaku Hilir tersebut tidak terlihat dampak yang mengkhawatirkan seperti di beberapa wilayah lainnya yang terdampak akibat gempa yang terjadi pada Senin (21/11/2022) lalu.

“Alhamdulillah, disini tidak terlalu terdampak pada saat terjadi gempa sepengetahuan saya ,rumah -rumah disini masih pada utuh,walaupun getaran juga dirasakan cukup keras,”ucap seorang warga Kp Cilaku Hilir yang enggan disebut namanya kepada wartawan yang berkunjung ke Kp.Cilaku Hilir,Jum’at (09/12/2022).

Atas dasar pantauan dan Informasi warga tersebut kuat dugaan pengajuan untuk penerima bantuan stimulan rekonstruksi rumah terdampak gempa tersebut tidak benar serta diduga ada Intervensi dari oknum tertentu.

Sekretaris Desa (Sekdes) Sukasari,Kecamatan cilaku, Kabupaten Cianjur,Ceceng Najmudin saat dikonfirmasi mengaku kalau.dirinya tidak tahu kalau namanya muncul menjadi penerima manfaat bantuan rekonstruksi rumah akibat terdampak bencana gempa.

“Betul kemarin nama saya muncul sebagai penerima manfaat, saya juga tidak tahu tiba -tiba ada,kalau mengenai dampak saya juga kena dampak.Ada beberapa bagian yang rusak,”ucap Ceceng Najmudin (Sekdes Sukasari) melalui pesan whatsapp,Jum’at (09/12/2022) pukul 11.37 WIB.

Ceceng menambahkan terkait bagaimana kelanjutan soal hal tersebut dirinya mengembalikan semua keputusannya ke pemerintah desa Sukasari.

“Sekarang saya kembalikan semuanya ke pemdes desa, bagaimana baik nya,”tambahnya.

Kepala Desa Sukasari,Kecamatan Cilaku,Daden Supriatman saat di konfirmasi terkait hal tersebut mengatakan yang menentukan dan menginput data penerima bantuan rekonstruksi rumah yang terdampak gempa Cianjur adalah petugas yang ditugaskan BNPB untuk melakukan survey ke semua rumah warga yang melaporkan rumahnya terdampak baik itu rusak parah,sedang ataupun ringan.Bagaimana teknisnya pihaknya selama ini tidak pernah diberitahukan.

“Yang punya penilaian layak atau tidaknya rumah warga yang melaporkan terdampak adalah petugas yang ditugaskan untuk melakukan survei.Sejauh ini petugas tersebut tidak pernah melaporkan hasil survei serta nama -nama warga yang layak mendapatkan bantuan kepada pemdes,”kata Daden saat ditemui di kantor Desa Sukasari,Jum’at (09/12/2022).

Terkait soal Sekretaris Desa (Sekdes) yang mendapat atau menjadi penerima bantuan tersebut,Daden mengungkapkan kalau dirinya pun tidak tahu kenapa bisa lolos menjadi penerima bantuan.karena secara prosedural pihak pemdes hanya menjalankan instruksi dengan menyampaikan pemberitahuan kepada semua perangkat RT untuk mendampingi petugas untuk mensurvei dan mendata rumah warga yang terdampak di wilayahnya.

“Secara prosedural kita sudah memberitahukan dan mengintruksikan para RT untuk mendampingi petugas yang diutus oleh BNPB menyurvei serta mendata rumah warga yang terdampak.kenapa ini bisa lolos kita tidak tahu siapa yang melakukan penekanan atau Intervensi sehingga bisa lolos,”ucapnya.

Daden menjelaskan jika petugas memberitahukan terkait hasil survei dan data -data warga yang sudah di survei mungkin pihaknya bisa tau dan bisa memberikan masukan warga yang mana saja yang bisa diprioritaskan dulu.

“Kalau kita diberitahukan soal hasil survei dan data warganya mungkin kita bisa pilah warga yang diprioritaskan,kalau staf desa ada yang dapat kita bisa menunda dulu biar masyarakat dulu yang jadi prioritas,”jelasnya.

Untuk Sekdes yang dapat atau menjadi.penerima bantuan, Daden mengungkapkan pihaknya akan memending atau menahan dulu pencairan bantuannya melihat reaksi masyarakat dan nanti jika ada masyarakat yang benar -benar berhak atas bantuan tersebut dan tidak mendapatkannya, pihaknya berjanji akan menyerahkan bantuan yang di terima sekdes tersebut.

“Ini kan rekeningnya sudah jadi,tidak tahu juga kenapa bisa jadi rekeningnya,untuk itu pecairannya kita pending dulu melihat reaksi masyarakat,dan tadi kita sudah sampaikan ke masyarakat rekening punya sekdes ada di saya,kalau nanti ada masyarakat yang tidak mendapat bantuan karena rumahnya rusak terdampak.Bantuan yang ada di rekening sekdes akan diberikan,”tandasnya.

Hasbi (Abi)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *