infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Gubernur Kalsel Sahbirin Noor Ajak Generasi Milenial Mencintai Olahraga Tradisional

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor Ajak Generasi Milenial Mencintai Olahraga Tradisional

Banjarmasin, infobanua.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin mengajak para generasi milenial di Banua ini, agar mencintai olah tradisional dibandingkan permainan modern melalui internet atau game online.

Paman Birin pun terlihat turut bermain berbagai olahraga tradisional. Mulai bermain panco, balago dan dakon usai membuka Pesta Olahraga Rakyat 2022 KORMI Kalsel Bergerak di halaman Kantor Gubernur Kalsel di Banjarmasin, Minggu (11/12).

Selain itu juga, Paman Birin juga terus memberikan semangat kepada pemain permainan tradisional.

Permainan tradisional sejak dahulu sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, disebut tradisional sebab pemainan ini hanya menggunakan peralatan dan bahan permainan yang sederhana juga mudah didapat.

Disampaikan Paman Birin, olahraga tradisional seperti balogo, sumpit, panco, engrang, tarik tambang, hadang, dakon dan lainnya, selain bernilai budaya, juga memberikan manfaat bagi jasmani dan rohani serta dapat di jadikan wahana menorehkan prestasi.

Karena saat ini sudah banyak dipertandingkan olahraga tradisional dengan berbagai cabang atau kategoridi tingkat nasional bahkan internasional.

Cabang olahraga tradisional yang dilombakan dalam kegiatan antara lain enggrang, hadang, tarik tambang, terompah panjang street work out.

“Ayo bersama-sama kita lestarikan olahraga tradisional ini. Selain menyehatkan, gembira dan bisa menghasilkan prestasi,” ajak Paman Birin.

Sementara itu, Wakil Ketua KORMI Kalsel, Taufik Arbain menyebut, ada 10 cabang olahraga yang dilombakan dengan jumlah peserta sekitar 500 orang dari sejumlah kabupaten kota se Kalsel.

Tujuan kegiatan ujarnya untuk membumikan olahraga tradisional di masyarakat yang nantinya menjadi agenda tahunan.
Diharapkan, dari kegiatan akan didapat bibit potensial untuk diikutsertakan ke ajang lomba Festival Olahraga Rekreasi Daerah (Forda) dan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas).

Diketahui, pada Sabtu (10/12) malam, Paman Birin baru dilantik sebagai Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi Kalimantan Selatan oleh Ketua Umum KORMI Nasional, Hayono Isman di Gedung Mahligai Pancasila, Sabtu (10/12) malam.

Penunjukan kembali Paman Birin sebagai ketua ini setelah dilaksanakannya Musyawarah Provinsi KORMI Kalsel.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan