Kandangan, infobanua.co.id – Dalam rangka memperkuat semangat pengabdian kader PKK yang terus memberdayakan masyarakat dan keluarga, TP. PKK Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) adakan kegiatan Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten HSS Tahun 2022 yang dilaksanakan di Cottage Tanuhi Gunung Kantawan Desa Hulu Banyu Kecamatan Loksado.

Senin, (12/12/2022) Ketua TP. PKK Kab. HSS Hj. Isnaniah Achmad Fikry bersama Wakil Ketua I TP. PKK Kab. HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad membuka kegiatan Jambore yang turut dihadiri oleh Ketua TP. PKK Kecamatan se-Kab. HSS serta Ketua TP. PKK Desa dan Kelurahan se-Kab. HSS:

Dalam laporan yang disampaikan Ketua Pelaksana, peserta Jambore Kader PKK terdiri dari TP. PKK Kabupaten dan Kecamatan serta Ketua TP. PKK Desa dan Kelurahan se Kab. HSS capai angka 300 orang.

“Tempat jambore kader PKK dipusatkan di Cottage Tanuhi Gunung Kantawan Desa Hulu Banyu Kecamatan Loksado,” ungkapnya.

Tujuan pelaksanaan Jambore kader PKK ini adalah untuk menambah wawasan pengetahuan, persaudaraan dan persahabatan sekaligus sebagai penghargaan yang dapat memotivasi para kader untuk meningkatkan kinerjanya dalam rangka mewujudkan keluarga yang sehat, sejahtera, maju dan mandiri.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan antara lain:

1.) Lomba yel-yel tentang 10 program pokok PKK dengan jumlah peserta 7 orang,

2.) Lomba penyuluhan dengan materi yakni :

-Yang berkaitan dengan pengelolaan tertib administrasi PKK

-Pokja I Lomba Penyuluhan Pola Asuh Anak dengan penuh cinta kasih dalam keluarga penuh cinta kasih

-Pokja II Lomba Penyuluhan UP2K PKK

-Pokja III Lomba Penyuluhan Hatinya PKK sebagai sumber pangan keluarga dalam mencegah stunting

-Pokja IV Lomba Pencegahan dan Penanganan Stunting

Dalam sambutannya, Ketua TP. PKK Kab. HSS Hj. Isnaniah Achmad Fikry menyambut baik dan mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan jambore kader PKK dengan tema “Melalui Jambore PKK Kita Tingkatkan Kreatifitas dan Inovasi serta Menjalin Silahturahmi Seluruh Kader PKK Menuju Masyarakat Adil dan Makmur”.

Lebih lanjut beliau menyampaikan Jambore PKK ini merupakan wadah untuk berkumpul para kader PKK yang bertujuan untuk menjalin silahturahmi, persaudaraan, persahabatan, bertukar pengalaman, menambah wawasan, pengetahuan, membangun kebersamaan yang dapat memotivasi para kader untuk meningkatkan kinerja dalam menjalankan 10 program pokok PKK.

“Untuk itu mari kita jadikan kegiatan jambore PKK ini sebagai ajang meningkatkan sumber daya manusia (SDM), memperkuat kekompakan serta kolaborasi untuk menjadikan kader PKK sebagai kader PKK yang tangguh sesuai kemajuan zaman,” ucap Ketua TP. PKK Kab. HSS.

Ketua TP. PKK Kab. HSS juga berharap agar setiap lomba tidak hanya sekedar dilaksanakan untuk mengejar juara namun yang terpenting harus diimplementasikan di lapangan sehingga tujuan PKK bisa diwujudkan.

“Karena saat ini, peran PKK sangat dibutuhkan guna mendukung seluruh program pemerintah daerah utamanya dalam rangka penurunan angka stunting, dan mengatasi kemiskinan di Kab. HSS. Untuk itu diperlukan peran PKK Kabupaten, kecamatan dan desa untuk berkolaborasi mengatasi persoalan stunting dan kemiskinan desa masing-masing,” tuturnya.

Hj. Isnaniah juga berharap kegiatan jambore PKK untuk memantapkan operasional 10 program pokok PKK serta pemberdayaan potensi dan ekonomi keluarga dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Fad/IB

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *