Amuntai, infobanua.co.id – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Sungai Pandan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) berikan penghargaan bagi siswa-siswi penghafal Al-Quran.

Pada penyerahan penghargaan yang dilaksanakan di halaman SMPN 2 Sungai Pandan, Senin (12/12/2022) sebanyak 17 siswa-siswi menerima penghargaan, yang terdiri dari 1 orang penghafal 3,5 juz, 1 orang penghafal 2 juz, dan 15 orang penghafal juz ke 30.

Kepala SMPN 2 Sungai Pandan Sugiyono menyampaikan, kegiatan penyerahan hadiah atau piagam bagi siswa-siswi ditujukan sebagai bentuk penghargaan kepada mereka yang telah berhasil menyelesaikan program sekolah yakni tahsin dan tahfidz.

“Ini prestasi dan peningkatan yang luar biasa, karena program ini sudah dilakukan selama dua tahun, tahun kemaren kita mampu mencetak sepuluh orang, dan hari ini kita mencetak sebanyak tujuh belas orang, jadi ada peningkatan pada program kita ini,” ucapnya.

Diakuinya, pada program tahsin dan tahfiz pihaknya telah mendapatkan dukungan tenaga pendidik dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) HSU untuk melalukan bimbingan pada siswa-siswa dalam menghafal Al-Quran.

“Kita tentunya bersyukur mendapatkan kiriman tenaga pengajar tahsin dan tahfidz, mereka lah yang juga berjasa untuk membimbing dalam melaksanakan kegiatan hafalan Al-Quran ini, sedangkan untuk kegiatannya hafalan dilaksanakan setiap tiga jam dalam satu minggunya perkelas, ada juga kegiatan disore hari, serta tugas yang lain, dan para ustadz-ustadzah ini selalu siap menerima setoran hafalan yang dicapai oleh anak-anak,” ujarnya.

Lebih lanjut Sugiyono mengharapkan, kedepannya SMPN 2 Sungai Pandan akan lebih semakin banyak dalam mencetak siswa-siswa yang dapat menghafal Al-Quran.

“Semoga sebanyak 90 persen siswa kita ini mampu menghafal juz ke 30, dan 10 persennya bisa 3 juz atau bahkan lebih banyak lagi, jadi program keagamaan ini sangat didukung oleh Disdikbud, guru, ataupun masyarakat, dan mudah-mudahan menjadi kebanggan masyarakat disekitar sungai pandan maupun HSU,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan piagam penghargaan kepada 4 orang siswa-siswi usai mengikuti pelatihan reportase jurnalistik yang dilaksanakan oleh Disdikbud HSU.

Fai/IB

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *