Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy

Bawaslu HST Gelar Pelatihan dan Pembekalan Pola Penanganan Pelanggaran Pemilu

banner 120x600
banner 468x60

Barabai, infobanua.co.id – Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) se-Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalsel mengikuti pelatihan dan pembekalan pola penanganan pelanggaran Pemilu pada kegiatan fasilitasi Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang diselenggarakan oleh Bawaslu setempat, Selasa (13/12).

Ketua Bawaslu HST Mailinasari menyebutkan, kegiatan diikuti oleh seluruh ketua dan anggota Panwaslucam yang ada di 11 kecamatan se-HST dengan mengundang pemateri yaitu Anggota Bawaslu Kalsel Nur Kholis Majid yang merupakan Koordiv Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi.

banner 325x300

Selain itu menurutnya, para anggota Panwaslucam juga akan diberikan materi terkait penanganan pelanggaran pemilu oleh jajaran Polres HST dan Kejaksaan Negeri HST.

“Sesuai UU 7 Tahun 2017, pihak kepolisian dan kejaksaan ini menjadi mitra Bawaslu dan tergabung dalam Gakkumdu dalam penanganan tindak pidana pemilu, jadi perlu pemahanan bersama agar punya satu tujuan mewujudkan pemilu yang bersih, jujur dan adil,” katanya.

Sedangkan Anggota Bawaslu Provinsi Kalsel Nur Kholis Majid menambahkan, Panwaslu Kecamatan sebagai perpanjangan tangan Bawaslu yang menjadi bagian penting dalam upaya pencegahan pelanggaran Pemilu.

“Oleh sebab itu, para anggota Panwaslucam perlu secara terus menerus berkoordinasi dengan jajaran kepolisian di tingkat Polsek, agar terjalin hubungan yang baik guna suksesnya Pemilu 2024 mendatang,” ujarnya.

Bawaslu sebagai penyelenggara Pemilu dalam hal pengawasan yang didukung oleh Polri dan Kejaksaan mendapat kepercayaan publik dengan tidak terkesan melakukan pembiaran atas segala bentuk aspek pelanggaran pemilu. Anggota Panwaslucam BAS M Rian Hidayat juga berkomentar, materi yang disampaikan oleh para nara sumber sangat membantu nantinya saat melakukan pengawasan ke lapangan.

“Mudahan-mudahan dengan pembekalan sejak awal ini menjadi pijakan dan acuan kami sebagai Panwaslucam dalam bekerja dan mudah-mudahan Pemilu 2024 berlangsung kondusif serta dapat meminimalisir segala macam bentuk pelanggaran pemilu,” imbuhnya.

Fad

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *