Banjarmasin, infobanua.co.id – Aktif dalam memajukan dan peduli terhadap olahraga. Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor menerima penghargaan Golden Award V dari Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat sebagai Gubernur Peduli Olahraga di Gedung Mahligai Pancasila, Senin (12/12) malam.

Menariknya lagi, dalam anugerah penyerahan Golden Award V SIWO PWI Pusat itu, dimeriahkan dengan kehadiran atlet-atlet berkebutuhan khusus Paralimpik dari Kabupaten/Kota se-Kalsel.

Bahkan, sebelum acara, Paman Birin melakukan uji tanding futsal dengan tim futsal Paralimpik Kalsel. Hal ini tentu sebagai wujud perhatian Paman Birin kepada semua atlet Banua.

Tim futsal Paralimpik Kalsel ini peraih medali perak Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) di Papua 2021 dan saat ini peringkat keempat nasional.

Sementara itu, dalam prosesi penyerahan Golden Arward itu, Ketua SIWO PWI Pusat, A.A Gungde Ariwangsa mengatakan, hanya dua Gubernur yang meraih penghargaan ini yakni Gubernur Kalimantan Selatan dan Gubernur Sumatera Selatan.

“Bukan tanpa alasan memilih Gubernur Kalsel, Paman Birin karena memang aktif dalam berolahraga dan seorang karateka,” katanya.

Penyerahan penghargaan sendiri berlangsung di Hotel Sultan kawasan Senayan Jakarta pada Kamis 8 Desember 2022 lalu, namun Gubernur Kalsel tidak dapat berhadir karena ada agenda lain, maka penyerahan dilakukan di Banjarmasin.

“Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap insan yang berprestasi terbaik, memiliki kepedulian dan mengabdikan diri di bidang olahraga,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Pusat, Atal S Depari mengatakan, penghargaan yang diserahkan kepada Gubernur Kalsel ini sudah lengkap.

“Dimana sebelumnya beliau sudah menerima penghargaan Pena Emas atas kemampuannya membangun sinergitas dengan insan pers, khususnya di Kalsel serta Golden Award kali ini adalah kali kedua diterimanya,” katanya.

Adapun, Gubernur Kalimantan Selatan Paman Birin mengucapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada PWI pusat atas anugerah olahraga golden award, kategori gubernur peduli olahraga dan penggerak olahraga ini.

“Kita himung (bahagia). Ini adalah penghargaan untuk rakyat banua Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Paman Birin menuturkan, selama ini Pemerintah Kalimantan Selatan, telah dapat membangun dan menjalin hubungan baik dengan rekan-rekan media, baik cetak maupun elektronik, khususnya dengan PWI Kalimantan Selatan.

“Walaupun, belum sepenuhnya kami dapat mengakomodir berbagai aspirasi-aspirasi yang telah disampaikan oleh rekan-rekan media. Namun demikian, saya selaku Gubernur Kalimantan Selatan, akan tetap terus berupaya untuk selalu mempertahankan dan meningkatkan sinergi maupun akselerasi yang telah terbangun baik selama ini.,” pungkasnya.

Bagi Paman Birin ini adalah penghargaan ketiga di bidang olahraga.

Sebelumnya pada Tahun 2018 Paman Birin menerima penghargaan sebagai pembina olahraga yang diberikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi pada Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September 2018.

Kemudian pada tahun 2019, Paman Birin dianugerahi Golden Award 2019 atas dedikasi dan konsistensi turut mendorong peningkatan prestasi olahraga di tingkat daerah, nasional dan internasional yang diserahkan Ketuab Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir pada 8 Februari 2019.

Saat itu penyerahan bertepatan dengan Golden Award Malam Anugerah Olahraga  Siwo PWI Pusat 2019 akan dilaksanakan bersamaan dengan malam dinner peserta Hari Pers Nasional 2019.

Fad/IB

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *