Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy
JATIM  

42 Rumah Restorative Justice di Nganjuk di Resmikan Kejaksaan Tinggi Jatim

banner 120x600
banner 468x60

Nganjuk,infobanua.co.id – Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati) meresmikan 42 rumah Restorative Justice (RJ) di Kabupaten Nganjuk.Jumlah rumah RJ di Kabupaten Nganjuk saat ini menjadi bagian dari 293 RJ di seluruh Provinsi Jawa Timur dengan penyelesaian perkara hingga saat ini sebanyak 173 perkara.

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur,Mia Amiati SH mengatakan pihaknya baru pertama kali ini meresmikan rumah RJ sebanyak itu di satu Kabupaten dalam satu hari.

banner 325x300

Hal ini menunjukkan komitmen cukup besar dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk dalam memberikan fasilitas pendirian rumah RJ di Kabupaten Nganjuk.

“Tentunya kami apresiasi kepada Pemkab Nganjuk atas diberikanya fasilitas pendirian RJ.Mungkin saat ini baru ada 42 rumah RJ dan kedepan seluruh Desa di Kabupaten Nganjuk ada rumah RJ seperti komitmen Bapak Plt Bupati Nganjuk,” kata Mia Amiati setelah meresmikan rumah RJ di Kabupaten Nganjuk pada Selasa(13/12/2022).

Mia Amiati mengungkapkan diberikanya fasilitasi pendirian rumah RJ di Kabupaten Nganjuk tersebut tak lain demi untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Nganjuk.Tak hanya itu,rumah RJ bisa digunakan untuk kepentingan lain berkaitan dengan hukum beserta aturannya.Di antaranya bagaimana memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang masalah hukum.

Termasuk rumah RJ bisa digunakan menjadi tempat konsultasi dari Pemerintah Desa atau Kepala Desa dalam menyusun anggaran desa sesuai dengan ketentuan Menkeu sehingga tidak terjadi penyalahgunaan dan sebagainya.

Mia Amiati juga menambahkan,yang pasti rumah RJ merupakan upaya kejaksaan bisa menyentuh kepada masyarakat agar bisa memfasilitasi masyarakat untuk masalah hukum yang bisa dihentikan penuntutannya dengan Restorative Justice.

“Jadi penyelesaian cukup di RJ,tidak harus di Pengadilan.Sehingga secara bersama-sama mencari penyelesaian yang adil melalui perdamaian dengan menekankan pemulihan kembali pada keadaan semula,” imbuh Mia Amiati.

Kemudian,Plt Bupati Nganjuk H.Marhaen Djumadi mengatakan,Pemkab Nganjuk sangat mengapresiasi program RJ.Dan Pemkab Nganjuk akan mendukung penuh program RJ yang dijalankan Kejaksaan.

“Saat ini di Kabupaten Nganujuk baru ada 42 rumah RJ,tapi nantinya disetiap desa atau sebanyak 284 Desa bisa didirikan rumah RJ.Karena di rumah RJ ini bisa ada kemudahan hukum,pencerahan hukum dan bila ada permasalahan hukum bisa diselesaikan melalui program RJ.Yang jelas, program RJ ini sangat bagus untuk masyarakat,” tandas Marhaen Djumadi.

(prs)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *