Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy

Lakukan Pembinaan Intensif, tak Ada Lagi Desa Berstatus Tertinggal di Tanah Laut

banner 120x600
banner 468x60

PELAIHARI – Pembinaan dan pengembangan potensi desa di Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), terus berjalan secara intens hingga kini. Hasilnya pun cukup melegakan. Data dihimpun, Jumat (9/12/2022) di daerah berjuluk Bumi Tuntung Pandang ini sekarang tidak ada lagi desa yang berstatus tertinggal pada tahun 2022.

Keberhasilan itu dipertegas Bupati Tala Drs HM Sukamta saat menyampaikan pidato perkembangan Tala Pada Rapat Paripurna Memperingati Hari Jadi ke-57 Tala di Gedung DPRD Tala pada 2 Desember 2002 lalu.

banner 325x300

Sukamta mengatakan naiknya status dua desa di Kecamatan Bumi Makmur yaitu Desa Handil Maluka dan Desa Pantai Harapan menjadi desa berstatus berkembang, menjadi bukti Tala tidak lagi memiliki desa berstatus tertinggal.

Sementara itu, desa berkembang di Tala pun kini justru semakin berkurang meskipun telah kedatangan dua desa baru dengan status yang sama. “Tahun 2021 masih ada 85 desa berkembang, pada 2022 ini hanya tersisa 70 desa,” papar Sukamta.

Hal itu terjadi lantaran beberapa desa justru telah menunjukkan capaian peningkatan ke level berikutnya. “Kini, pada 2022 desa maju berjumlah sebanyak 52 desa setelah pada 2021 yang lalu hanya berjumlah 40 desa maju,” tandas Sukamta.

Bahkan, selain berhasil menunjukkan peningkatan pada tiga level desa di atas, Tala juga ternyata berhasil memperbanyak jumlah desa pada status desa yang paling tinggi. “Setelah pada 2021 hanya berjumlah tiga desa, pada 2022 sudah ada delapan desa dengan status desa mandiri,” sambung Sukamta.

Delapan desa tersebut di antaranya dari Kecamatan Jorong yaitu Desa Jorong dan Desa Simpang Empat, dari Kecamatan Pelaihari ada Desa Bumi Jaya. Lalu, dari Kecamatan Bati-Bati ada Desa Padang dan Desa Kait-Kait Baru, dari Kecamatan Panyipatan ada Desa Batu Mulya, dari Kecamatan Kintap ada Desa Bukit Mulya, serta dari KEcamatan Batu Ampar ada Desa Batu Ampar. Rls/ang

 

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *