Kotabaru, infobanua.co.id – Masih dalam rangkaian peringatan Hari Armada RI 2022, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kabupaten Kotabaru, Kalsel kembali melaksanakan bhakti sosial (Baksos) kepada masyarakat pesisir Kampung Bahari Nusantara (KBN), tepatnya di dua desa, yaitu Desa Gadambaan dan Desa Sarang Tiung, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kotabaru, Rabu, (14/12/2022).

Acara ini langsung dihadiri Danlanal Kotabaru, Letkol Laut (P) Edy Setyawan, Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis, Pelaksana Kotabaru, Kasad Polairud, Kades Sarang Sarang Tiung, Kades Gadambaan, Kadis Pariwisata serta masyarakat Desa Sarang Tiung.

“Bakti Sosial ini merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT Armada RI tahun 2022 yang di dalamnya merupakan sebuah penghayatan akan perjalanan panjang dari sejarah pengabdian dari TNI Angkatan Laut kepada Negara dan Bangsa,” tutur Danlanal Kota Baru Letkol Laut (P) Edy Setyawan, saat meyampaikan sambutannya.

Menurut Edy, pemilihan lokasi bakti sosial ini, disebabkan Desa Sarang Tiung merupakan Kampung Bahari Nusantara sehingga kedepan Lanal Kotabaru akan membuat program-program desa binaan yang sekiranya dapat memberikan manfaat nyata terhadap warga Desa Sarang Tiung.

Edy menjelaskan, program pembangunan Rumah Pintar yang di dalamnya terdapat perpustakaan dan komputer yang dilengkapi fasilitas WiFi yang dapat digunakan sebagai sarana edukasi bagi warga Sarang Tiung dan sekitarnya.

Kemudian lanjut Edy, program bedah rumah, pengadaan bak sampah, dan pembagian sembako.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru, Syairi Mukhlis menyampaikan apresiasi dan bersyukur baksos tersebut dapat terlaksana.

“Syukur Alhamdulillah dan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan yang sangat mulia ini, penghargaan yang tulus kami sampaikan kepada Pangkalan TNI Angkatan Laut Kabupaten Kotabaru,”ungkap Syairi Mukhlis.

Ditambahkannya bakti sosial tersebut adalah wujud nyata kemanungalan TNI dengan rakyat.

Ini juga sebagai bentuk kepedulian kita terhadap kondisi kesehatan dan kebersihan di lingkungan masyarakat, terutama masyarakat Desa Sarang Tiung,” ujar Syairil

“Semoga melalui kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan ini akan menimbulkan kepedulian kita terhadap masyarakat kurang mampu sehingga akan timbul kesadaran dari semua pihak untuk bersama-sama lebih meningkatkan kepedulian untuk saling bantu membantu,” tambahnya.

Diharapkannya kegiatan positif dan bermanfaat semacam ini bisa terus dilaksanakan setiap tahunnya, bukan hanya oleh TNI AL saja.

Acara kemudian dirangkai dengan pembagian life jacket 370 buah dan penyerahan bingkisan sembako secara simbolis kepada perwakilan masyarakat Desa Sarang Tiung, dan Desa Gedambaan, kemudian dilanjutkan peninjauan ke beberapa warga yang mendapatkan bantuan bedah rumah.

(JL).

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *