BELAJAR membatik sembari menikmati keindahan alam tentu menyenangkan bagi semua orang.

Tak terkecuali bagi anak-anak maupun orang dewasa yang berkunjung ketempat itu.

Ditambah lagi, susana alam tersebut bisa dimanfaatkan untuk berwisata bagi keluarga serta orang-orang tercinta.

Di kawasan tempat wisata Kaliurang Sleman, Yogyakarta setiap hari Minggu Legi digelar Pasar Kangen Bunda yang digelar diarea The Allabun Resto & Homestay.

Ditempat tersebut menjual berbagai jajanan pasar serta kerajinan tangan dari masyarakat yang ada di Kalurahan Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Selain jajanan pasar, pengunjung juga disajikan kesenian tradisional guna meramaikan pasar rakyat yang digelar setiap tiga puluh lima hari tersebut.

Selain bisa menikmati kuliner tradisional khas Yogyakarta pengunjung juga bisa belajar membatik dari pengrajin yang ada di kawasan itu.

Muhammad Ahnaf Pandita, siswa SD Negeri Keceme, Sleman yang berkunjung ke tempat itu mengaku membatik butuh kesabaran dan ketelatenan dalam pengerjaannya.

“Tadi belajar membatik tulis. Memang agak sulit dalam pengerjaannya karena butuh kesabaran,” ujarnya saat ditemui di area Pasar Kangen Bunda, Minggu 11 Desember 2022.

Menurut siswa kelas VI tersebut ia belajar membatik lantaran ingin melestarikan budaya bangsa.

“Belajar membatik karena ingin melestarikan budaya Indonesia. Agak sudah juga membatik. Apalagi saat menggambarnya itu,” jelasnya.

Pengrajin batik dari Hargobinangun, Pakem bernama Menuk Sayekti mengaku senang karena bisa meramaikan acara Pasar Kangen Bunda.

“Mudah-mudahan acara ini bisa terus berlangsung,” ujarnya.

Menurutnya, batik yang dibuatnya rata-rata merupakan jenis batik tulis. Ada juga batik perpaduan non tulis dan bukan.

“Kami ada beberapa motif jenis batik tulis. Diantaranya motif gunung Merapi,

The Allabun Resto & Homestay ini juga menyediakan berbagai jenis penginapan bernuansa alam sehingga menambah kenyamanan para pengunjung.

Tak hanya bisa menikmati jajanan pasar, masyarakat yang berkunjung ke acara Pasar Kangen Bunda tersebut bisa mengikuti senam di pagi hari guna menjaga kebugaran tubuhnya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *