Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy

Meriah, Peringatan HUT PGRI ke-77 dan Hari Guru Nasional di HSU

banner 120x600
banner 468x60

Amuntai, infobanua.co.id – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional tahun 2022 Kabupaten Hulu Sungai Utara berlangsung meriah.

Bertempat di Lapangan Tenis Indoor GOR Pangeran Suryanata Karias, Rabu (14/12) ratusan guru baik yang berada dibawah naungan dinas pendidikan maupun kementerian agama berkumpul menghadiri kegiatan tersebut

banner 325x300

Adapun peringatan HUT PGRI ke-77 mengusung tema “Guru Bangkit Pulihkan Pendidikan, Indonesia Kuat Indonesia Maju”, sedangkan Hari Guru Nasional yang jatuh pada tahunini mengusung tema “Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar”.

Basuki Rahman selaku Ketua PGRI HSU dalam laporannya kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan PGRI Kabupaten HSU dalam rangka memperingati HUT PGRI dan Hari Guru Nasional. Adapun sebelumnya kegiatan ini juga dimeriahkan dengan acara jalan sehat PGRI yang dilaksanakan pada hari minggu, 11 Desember 2022.

Basuki juga mengapresiasi segala dukungan yang diberikan pemerintah daerah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan serta kesejahteraan para guru di Kabupaten HSU

Harapannya kedepan ada penambahan lagi jumlah guru baik melalui jalur PPPK maupun CPNS, serta peningkatan kesejahteraan para guru non ASN melalui pemberian tambahan insentif yang dianggarkan pada APBD Kabupaten HSU

“Kami selaku pengurus mewakili seluruh anggota PGRI Kabupaten HSU siap mendukung program pemerintah daerah khususnya untuk kemajuan dunia pendidikan” tegasnya

Adapun Penjabat (Pj) Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah, M. Pd pada kesempatan ini membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Menristek) RI.

Tiga tahun lalu, Kemendikbudristek melepas jangkar dan membentangkan layar kapal besar yang bernama “Merdeka Belajar”. Ketangguhan ini didorong oleh kemauan untuk berubah dan semangat berinovasi, menyesuaikan diri dengan tantangan dan kebutuhan zaman menciptakan perubahan dan kebaruan yang membawa dunia pendidikan melompat ke masa depan.

Platform “Merdeka Belajar” yang diluncurkan sepenuhnya telah dirancang untuk memenuhi kebutuhan guru akan ruang untuk belajar, berkarya, dan berkolaborasi. Para guru juga bisa mengakses modul pembelajaran dengan gratis, mengunggah dan membagikan konten-konten praktik baik pembelajaran, dan terkoneksi dengan rekan sesama guru dari daerah lain.

Kemendikbudristek juga terus membuka kesempatan bagi para guru untuk mengikuti program guru penggerak. Sekarang ini sudah ada 50.000 guru penggerak, dan tentunya Kemendikbudristek akan terus mendorong agar makin banyak guru di seluruh penjuru nusantara menjadi guru penggerak untuk memimpin roda perubahan pendidikan Indonesia.

 

Ada pula Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang diluncurkan guna mempersiapkan calon guru masa depan, saat ini perkuliahan PPG jauh lebih terintegrasi dengan sekolah, kampus dan masyarakat melalui sistem digital. Semua ini bertujuan untuk melahirkan para pendidik sejati yang profesional dan adaptif, yang terus memprioritaskan kebutuhan  peserta didik, dan yang selalu bersemangat untuk berkolaborasi dan berinovasi.

Semua ide-ide brilian ini tentunya perlu didukung dengan kesejahteraan guru, untuk itu Kemendikbudristek terus berjuang memprioritaskan pengangkatan guru honorer sebagai ASN melalui seleksi ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PKKK)

Suasana semakin larut ketika Pj. Bupati HSU mengajak seluruh anggota PGRI HSU menyanyikan lagu “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” dan membaca puisi untuk menghargai dan mengingat jasa para guru.

Acara diisi dengan penampilan tari Wonderland Indonesia dan drama romantika guru millenial oleh anggota PGRI Kabupaten HSU. Serta penyerahan piala dan piagam penghargaan bagi guru berprestasi.

Fai/IB

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *