KAJEN, infobanua.co.id – Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, SE., MM mengajak kepada segenap pihak yang terlibat dalam pemilu 2024 nanti seperti para Calon Legislatif (Caleg), Partai Politik (Parpol), Panwaslu, dan masyarakat untuk dapat menyukseskan berjalannya pemilu 2024. Menyukseskan yang dimaksud bupati adalah dengan menjalankan tugas sesuai perannya dengan baik, menjaga kondusifitas, dan juga senantiasa menerapkan prinsip suportif.

“Mari kita bersama-sama sukseskan pemilu 2024 yang aman, baik, kondusif, suportif, sehingga insya allah semuanya bisa berjalan dengan baik,” tutur bupati dalam kegiatan Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu 2024 yang digelar di Hotel Grand Dian Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan, Kamis (15/12).

Kepada para Panwaslu Kecamatan, bupati berpesan agar mereka dapat bekerja dengan baik dan professional, “Saya berharap tim pengawas dari Bawaslu Kabupaten Pekalongan ini bisa menjalankan tugasnya secara profesional dan bisa berkomunikasi yang baik dengan para peserta pemilu dan para caleg. Para pengawas ini agar tidak menjadi sesuatu yang menakutkan tetapi menjadi bagian dari berjalanya proses kampanye para peserta pemilu dan caleg,” ujar bupati.

Sementara itu kepada para parpol, Bupati berpesan agar dapat suportif dan mentaati aturan, “Kepada seluruh Parpol agar mengikuti aturan yang sudah ada, jangan menyalahi aturan, semua peserta pileg atau pemilu sudah tau mana yang sifatnya fatal, jangan dilakukan. Mana yang harusnya dilaporkan ya dilaporkan. Sudah seperti itu saja. Jaga kondusifitas dan tetap suportif,” kata bupati.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Pekalongan Nur Anis Kurlia, M.Pd atau kerap dipanggil Anis mengungkapkan bahwa kegiatan Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu 2024 diikuti oleh sebanyak 57 Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Pekalongan serta para camat Se-Kabupaten Pekalongan dengan narasumber yakni advokat, akademisi dan juga Bupati Pekalongan, “Kita mengundang camat agar ada koordinasi dan kolaborasi yang baik dengan pemangku wilayah di Kecamatan-kecamatan,” jelas Anis

Melalui kegiatan yang diselenggarakan tersebut, Anis mengatakan pihaknya berharap agar dapat meningkatkan kompetensi para panwaslu kecamatan sehingga dapat dipraktekan di lapangan, “Jadi jajaran panwaslu kecamatan punya prinsip netralitas, integritas, untuk menjaga marwah baik Bawaslu,” tandasnya.

Kegiatan Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu 2024, turut dihadiri Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan Mukhtaruddin Ashraff Abu, Ketua Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Kepala Dinas Kesbangpol Kabupaten Pekalongan, Keluarga Besar Banwaslu Kabupaten Pekalongan, Para Camat di Kabupaten Pekalongan.(simbah)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *