Barabai, infobanua.co.id – Bupati  Aulia Oktafiandi, Membuka Bimtek (Bimbingan Teknis) dan Sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dan Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (SP4N- LAPOR!) Kabupaten Hulu Sungai Tengah,di Auditorium Kantor Bupati HST, Rabu (14/12/2022).

Aulia Oktafiandi menyampaikan bahwa Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB) sebagai kanal pengaduan resmi untuk pemerintah. Bahkan pada penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan reformasi birokrasi  pada pemerintah daerah, sistem pengelolaan pengaduan publik menggunakan aplikasi lapor menjadi salah satu indikator penilaian kinerja pada pemerintah daerah.

Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat kabupaten hulu sungai tengah, Saya menyambut baik dengan diselenggarakannya acara pada hari ini , Karena kita semua menyadari bahwa pemberian pelayanan publik oleh aparatur pemerintah merupakan implikasi dari fungsi aparatur negara sebagai pelayan masyarakat, Sehingga kedudukannya dalam pelayanan publik sangat strategis, Karena akan menentukan sejauh mana pemerintah mampu memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat.”ucapnya

kegiatan yang digelar oleh Dinas Kominfo Hulu Sungai Tengah ini, Merupakan langkah positif bagi penyelenggara dalam mengelola pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat, tepat, tuntas, serta terkoordinasi dengan baik. Untuk menguatkan SP4N-LAPOR yang lebih baik, dibutuhkan bimtek bagi admin, pengelola pengaduan, dan pejabat penghubung.

Selanjutnya, Hal ini diharapkan dapat lebih memantapkan pengetahuan khususnya pada peserta, tentang petunjuk teknis dan tata kerja sistem SP4N-LAPOR sehingga nantinya diperoleh persamaan persepsi. Di era yang serba canggih dan didominasi ilmu pengetahuan dan teknologi ini, pelayanan sistem informasi pelayanan publik bukanlah sesuatu hal yang sulit untuk diakses.

Teknologi informasi membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dan mencegah kemungkinan terjadinya penyimpangan di lingkungan kerja masing-masing. perkembangan kehidupan masyarakat yang sangat dinamis seiring dengan tingkat kehidupan masyarakat yang semakin baik, berimplikasi pada semakin kritisnya masyarakat untuk mengajukan tuntutan, keinginan dan aspirasinya serta melakukan kontrol terhadap apa yang dilakukan pemerintah. Karenanya pemerintah harus mengambil berbagai inisiatif, Salah satunya yaitu dengan pengelolaan pengaduan SP4N LAPOR dalam rangka pengelolaan pelayanan publik yang lebih baik.”tutupnya

Bimtek ini menghadirkan Kepala Seksi Pengelolaan Opini Publik Diskominfo Provinsi Kalimantan Selatan, Chairun Ni’mah sebagai narasumber

Acara ditutup dengan laporan Edina fitria rahman selaku kepala dinas Diskominfo HST Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Dil/IB

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *