Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani Serahkan Hibah Mobil Untuk Lembaga Adat Dayak Maanyan

banner 120x600
banner 468x60

Tanjung, infobanua.co.id – Dulu mengurusi urusan adat dayak berjalan kaki, lalu bersepeda, bermotor dan sekarang karena didukung oleh sarana Ketua Lembaga Adat Dayak Maanyan memakai mobil dinas hibah dari Pemerintah Kabupaten Tabalong.

Hal itu, sebagaimana diungkapkan Bupati Tabalong Dr Drs H Anang Syakhfiani M.Si, saat menyerahkan secara resmi hibah satu unit mobil untuk operasional lembaga adat Dayak Maanyan desa Warukin kecamatan Tanta, belum lama tadi di Lobby Kantor Pemerintah Kabupaten Tabalong di Tanjung.

banner 325x300

Bantuan hibah mobil itu langsung diserahkan Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani kepada Ketua Adat Yulius Mince.

“Kita telah menyerahkan hibah satu unit mobil dari pemerintah Kabupaten Tabalong kepada lembaga adat Dayak Maanyan. Sebelumnya sudah diserahkan juga hibah kepada Lembaga Adat Dayak Deah Desa Upau, dan sekarang Dayak Maanyan berarti sudah klop,” ujar Anang.

Bantuan ini diserahkan agar lembaga adat ini bisa beraktivitas lebih luas lagi, karena didukung oleh sarana, kalau dulu berjalan, bersepeda, sepeda motor dan sekarang pakai mobil, sebab suku Dayak di Bumi Sarabakawa mempunyai peran berdirinya Kabupaten Tabalong, ujar Anang.

Menurut Anang, orang Dayak itu tidak bisa dikesampingkan di Tabalong, karena orang Dayak itu berjuang bersama-sama semua suku bangsa yang ada di Tabalong untuk menjadikan Tabalong sebagai daerah otonom.

“Itu sebabnya ini sekaligus sebagai penghargaan pemerintah kepada suku Dayak di Warukin agar dapat mengembangkan seni budayanya mengembangkan aktivitas-aktivitas lain yang berkaitan dengan Dayak Maanyan,” ujarnya.

Ini kami hibahkan dan paling lambat 3 bulan harus dibalik nama menjadi mobil operasional lembaga Dayak Maanyan, sementara sampai 90 hari akan datang silahkan gunakan. Salam hormat buat warga Dayak Maanyan di Warukin maupun di tempat lain di Tabalong mari kita rapatkan barisan, mari kita bersatu untuk menyongsong Tabalong yang lebih baik, kata Anang.

Ketua Adat, Yulius Mince merasa bahagia telah mendapatkan bantuan hibah satu unit mobil untuk operasional lembaga adat. “Terimakasih yang tak terhingga dan luar biasa telah mendapatkan bantuan satu unit operasional untuk kelembagaan adat,” ujarnya.

Kami siap bertanggungjawab untuk peruntukan unit yang diberikan dan akan kami pergunakan dengan sebaik-baiknya. Kelembagaan adat di Warukin Dayak Maanyan selama ini berjalan dengan baik, tapi ditambah lagi partisipasi pemerintah tingkat kabupaten ini sehingga akan menambah jejak langkah kami untuk mengayomi masyarakat kelembagaan adat khususnya dan juga untuk bersama-sama dengan pemerintah terkait baik desa, kecamatan dan kabupaten, Kita bersama-sama memajukan apa saja yang menjadi rencana pemerintah dalam membangun kabupaten dan masyarakat Tabalong, kami kelembagaan adat siap bersedia berkecimpung di dalamnya, imbuh Yulius Mince.

Dil/IB

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *