Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy

Kembali Diaktifikan di Tabalong, ‘Balarut Maharagu Sungai’ untuk Menumbuhkan Kepedulian Sungai

banner 120x600
banner 468x60

TANJUNG – Event tahunan Balarut Maharagu Sungai ( Bamasung) Tabalong untuk tahun ini kembali akan digeber. Aksi bersih-bersih sungai di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), digelar untuk kali keempat pada 24-25 Desember 2022.

Masih dengan Komunitas Jelajah Tabalong sebagai pelaksana, Bamasung IV akan diisi dengan beberapa rangkaian kegiatan. Di antaranya, penanaman bibit pohon, playing camp, lomba mengumpulkan sampah terbanyak, lanting terbaik dan orasi mengampanyekan aksi bersih sungai.

banner 325x300

Ketua Pelaksana, Husin Nafarin, Minggu (18/12/2022), mengatakan, kegiatan Bamasung merupakan satu upaya untuk menumbuhkan kesadaran  masyarakat terkait pentingnya menjaga kebersihan sungai. “Tahun ini kembali akan kita gelar untuk yang keempat kalinya,” sebut Husin.

Untuk Bamasung IV ini ditargetkannya peserta yang mengikuti sebanyak 28 tim dengan melihat kondisi ketersediaan ban dalam yang dijadikan lanting.  “Pendaftaran telah dibuka hingga satu hari sebelum pelaksanaan tanpa biaya atau gratis yang dibuka untuk umum se Kabupaten Tabalong,” tambahnya. Bahkan, pihaknya juga menyatakan tidak menutup kemungkinan juga apabila ada peserta dari luar yang mendaftar.

Rute yang ditempuh pada gelaran kal iini masih sama dengan tahun sebelumnya dimulai dari titik star di Teluk Dalam, Kelurahan Sulingan, Kecamatan Murung Pudak dan finish di Desa Pudak Setegal, Kecamatan Kelua.

DI sepanjang perjalanan itu nanti, peserta menanam bibit yang cocok ditanam di pinggiran aliran Sungai Tabalong yang rute. “Sabtu itu kami akan bermalam di Desa Manduin, Kecamatan Muara Harus, sebelum besoknya lagi melanjutkan ke etape kedua,” tambah Husin. Rls/ang

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *