Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy
JABAR  

KPU Cianjur Gelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilu 2024 Bagi Pemilih Pemula, Disabilitas dan Perempuan

banner 120x600
banner 468x60

Cianjur, infobanua.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur,menggelar Sosialisasi dan pendidikan pemilihan umum 2024 kepada para pemilih pemula,disabilitas,perempuan dan pemilih muda,Senin (19/12/2022).

Komisioner KPU Kabupaten Cianjur,Rustiman mengatakan kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait Pemilu 2024 mendatang kepada Pemilih Pemula, Pemilih Perempuan dan pemilih muda serta kelompok penyandang disabilitas di Kabupaten Cianjur
Khusus sosialisasi bagi penyandang disabilitas secara khusus diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang sosialisasi Pemilu bagi para penyandang disabilitas.

banner 325x300

“Sosialisasi ini diberikan kepada pemilih yang memiliki keterbatasan fisik atau intelektual, mental dan sensorik dalam jangka panjang, termasuk yang mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif seperti warga negara lainnya,” ujar Rustiman kepada wartawan usai kegiatan sosialisasi,Senin (19/12/2022).

Rustiman menerangkan KPU mengundang kelompok komunitas disabilitas agar nantinya, bisa memiliki peranan dalam mensosialisasikan Pemilu 2024 nanti.

Sedangkan untuk pemilih pemula Rustiman menyampaikan secara lebih jelas pihaknya belum melakukan klasifikasi data terkait jumlah pemilih pemula yang ada di Kabupaten Cianjur namun dipastikan lebih dari 30 persen.

“Untuk jumlah pemilih pemula pastinya kami belum melakukan klasifikasi data,namun dipastikan lebih dari 30 persen dan pemilih melineal lebih banyak mencapai 40 persen,begitu pun untuk pemilih disabilitas jumlah pastinya akan kami lakukan lagi klasifikasi datanya,”kata Rustiman.

“Harapannya peserta sosialisasi mampu secara massive mensosialisasikan pemilihan umum tahun 2024 nanti dikomunitas dan lingkungan masing-masing, dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat di Kabupaten Cianjur dalam pemilu 2024,”pungkasnya.

Hasbi (Abi)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *