Cianjur, infobanua.co.id – Peduli Korban bencana gempa,Sampono Care berikan bantuan rumah tanggap bencana (RTB) kepada warga terdampak bencana gempa di Desa Mangunkerta dan Desa Cijedil,Kecamatan Cugenang,Kabupaten Cianjur Jawa Barat,Senin (19/12/2022).

Bantuan rumah tanggap bencana (RTB) bagi warga terdampak bencana gempa tersebut secara langsung diterima dan diresmikan Bupati Cianjur,H.Herman Suherman.

Perwakilan Sampono Care yang juga Direktur PT.Infra Karya Pratama , Siti Rumiati mengatakan bahwa penyerahan RTB Gempa kepada warga ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan Sampono Care dalam membantu penanggulangan korban bencana alam gempa bumi di Cianjur.

“Sampono Care diketahui mendirikan posko penanganan bencana mandiri untuk membantu proses penanganan mulai dari evakuasi dan penanganan korban gempa , mendirikan tenda darurat, dapur umum, menyalurkan bantuan logistik, serta membangun RTB, MCK, dan Mushola,” Kata Siti Rumiati kepada wartawan,Senin (19/12/2022).

Ia menerangkan RTB Gempa ini dirancang dan dibangun oleh PT Infra Karya Pratama (IKP) dengan desain yang mempertimbangkan potensi gempa bumi di wilayah Kabupaten Cianjur.

“RTB Gempa ini mendekati bangunan rumah tipe 36 dengan ukuran rumah 6 x 6 meter. Terdiri dari ruang tamu yang terhubung dengan ruang keluarga dan dapur. Memiliki 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi serta dilengkapi dengan saluran pembuangan,”terangnya.

Rumiati menambahkan Gempa ini dibangun menggunakan material yang relatif ringan dan cepat dalam proses pembangunannya,serta dengan anggaran yang relatif murah.

“Perancangan dan pembangunan RTB Gempa tersebut memakan waktu sekitar 2 minggu.serta diperkirakan menghabiskan anggaran berkisar antara Rp 50 jt sampai dengan Rp 60 jt,”tambahnya.

Sementara itu Bupati Cianjur ,Herman Suherman mengatakan bahwa bantuan RTB Gempa dari Sampono Care dari hasil inovasi IKP ini bisa dijadikan contoh oleh warga masyarakat yang terkena dampak bencana alam gempa bumi dengan kategori rusak berat untuk membangun kembali rumahnya. Namun tentunya masyarakat harus mempertimbangan wilayah aman berjarak dari sesar Cimandiri dan sesar Cugenang sesuai dengan rekomendasi dari BMKG.

“RTB Gempa inovasi dari IKP ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam membangun rumahnya yang rusak akibat gempa,saya mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Sampono Care dan ini sangat bermanfaat sekali,”katanya.

Hasbi (Abi)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *