Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy
KALTIM  

Angka Kemiskinan Ekstrem Kota Samarinda, Dapat Ditekan Melalui UMKM

banner 120x600
banner 468x60

Samarinda, infobanua.co.id – Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Indonesia yang ditargetkan tuntas pada 2024. Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) 2022, dimana penduduk miskin di Kota Samarinda sesuai data Penasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) berjumlah 44.524 jiwa, dan ini sudah termasuk data penduduk kategori ekstrem.

“Untuk penduduk miskin kategori ekstrem di Kota Tepian yang mencapai sekitar 9.032 jiwa,” apakah data itu benar adanya, maka kita harus mengambil langkah percepatan pengentasan kemiskinan penduduk yang ada di Kota Samarinda, ucap Drs. Rusdi Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda diruang kerjanya, Selasa (20/12/2022).

banner 325x300

Tentu dengan berbagai langkah dan kegiatan, supaya percepatan pengentasan kemiskinan ini bisa dilakukan bersama-sama.

Data ini harus di krus cek, kenapa diangka itu dan apakah itu masuk kelompok yang merupakan produktif. Jangan sampai usia lanjut yang tidak produktif masuk diangka 9.032 jiwa katagori masyarakat miskin ekstrem di Kota Samarinda.

Menurut politikus partai Golkar ini, “DPRD Kota Samarinda mensuport kegiatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) supaya masyarakat dapat berpartisipasi agar tetap melakukan UMKM terutama untuk menghidupi rumah tangganya”.

“Bagaimana UMKM ini dapat berkembang di Kota Samarinda, karena UMKM secara nyata saat ini masa pandemi sangat memerlukan pendapatan kapital masyarakat agar bertahan dikarenakan UMKM,” tuturnya.

Pemerintah menyiapkan bantuan pinjaman lunak dan secara nasional ada kredit mikro kecil dipersiapkan kepada masyarakat miskin ekstrem yang produktif dapat melakukan UMKM di Kota Samarinda.

Lanjut Rusdi, “berharap dengan data ini dapat disingkronkan dan bagaimana kita menggali upaya-upaya apa yang harus dilakukan,” supaya data ini bisa meminimalkan agar tidak bertahan pada angka 9.032 jiwa katagori masyarakat miskin ekstrem dan paling tidak dapat berkurang. (Reimal)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *