Nganjuk, infobanua.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Semantok yang berada di Desa Sambikerep,Kecamatan Rejoso,Kabupaten Nganjuk.Dia mengungkapkan,hal yang paling penting dalam kehidupan adalah ketersediaan air.Air menjadi kebutuhan vital diberbagai sektor,seperti listrik,irigasi pertanian dan pariwisata.

“Bendungan semantok ini adalah bendungan ke-30 yang telah diresmikan dari total target 50-60-an bendungan yang akan diresmikan pada 2024.Maka saya sebut air adalah kunci,” ungkapnya,Selasa(20/12/2022).

Jokowi menjelaskan dengan semakin banyak bendungan yang diresmikan dan mulai beroperasi,maka harapannya produksi pertanian akan semakin baik dan kesejahteraan petani meningkat.

“Bendungan Semantok ini dibangun sejak tahun 2017-2022 dengan total biaya Rp. 2,5 triliun.Dana besar itu selaras dengan daya tampung bendungan yang cukup besar yakni 32,6 juta meter kubik.Bendungan ini juga punya luas genangan sebesar 365 Ha,” jelasnya.

Bendungan tipe zona inti tegak ini juga dilengkapi jaringan irigasi yang dapat berfungsi sebagai penyalur air pada saat musim kemarau untuk mencegah terjadinya kekeringan pada areal persawahan seluas 1.900 hektare (ha).
Supply air irigasi dari bendungan ini melalui 2 rumah katup yakni utama dan Ngomben.Katup Utama menyuplai air irigasi ke Rejoso Kiri (Akan dibangun tahun 2024),Rejoso Kanan,Margomulyo,Jati,Jatirejo dan Janeng.

Sedangkan Katup Ngomben memiliki daerah intake Ngomben dan Suplesi Widas Utara (akan direhabilitasi 2023). Serta Bendungan ini pada tahun 2024 mampu menyediakan layanan kebutuhan air baku sebesar 312 liter/detik ke 3 Kecamatan (Rejoso, Nganjuk dan Gondang) untuk 61.644 jiwa.

“Pada siang ini, bendungan semantok saya nyatakan dibuka secara resmi,” tandasnya.

(prs)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *