PELAIHARI – Bupati H Sukamta berkomitmen terus menjalankan program Manunggal Tuntung Pandang (MTP). Sebuah program yang dilakukan bupati bersama seluruh jajaran kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) menginap di lokasi kegiatan.

Beragam kegiatan digelar antara lain gotong-royong memperbaiki infrastruktur, pasar murah, pengobatan gratis, penyuluhan, pelayanan administrasi kependudukan dan lain-lain.

Data dihimpun, Senin (19/12/2022), dari 130 desa yang ada di Tala hingga saat ini telah tersentuh program tersebut pada 95 desa. Pada awalnya kegiatan ini dilaksanakan satu bulan sekali, namun pascapandemi dimasifkan menjadi tiap pekan.

Hal itu guna mengejar pencapaian target sasaran. Pasalnya selama sekitar dua tahun saat pandemi covid19 melanda, kegiatan MTP praktis tak dapat dilaksanakan lantaran larangan kegiatan tatap muka yang melibatkan banyak orang.

Tahun ini kegiatan terakhir MTP bertempat di Desa Tanjungdewa, Kecamatan Panyipatan, pada Jumat-Sabtu (16-17/12/2022) kemarin.

Seperti biasa, animo masyarakat sangat tinggi. Warga setempat berinteraksi dengan bupati bersama jajaran pejabat teras Pemkab Tala.

Bupati Tala H Sukamta mengatakan Manunggal Tuntung Pandang di Tanjungdewa tersebut merupakan yang ke-95. Artinya, tersisa 35 desa yang belum tersentuh dari total 130 desa yang ada di Tala.

Ia bertekad menuntaskannya karena Manunggal Tuntung Pandang sebelum masa jabatannya berakhir pada September 2023 mendatang. Pasalnya MTP merupakan salah satu dari tujuh program unggulannya selama memimpin Tala bersama Wabup Abdi Rahman.

“Saya bersama Pak Wabup akan kejar target itu sebelum resmi menuntaskan amanah kami sebagai kepala daerah,” ucap Sukamta.

Tekadnya tersebut juga ia sampaikan saat membuka MTP ke-95 di Desa Tanjungdewa. Ia berharap program MTP yang dikemas selama dua hari satu malam tersebut dapat menjadi jalan komunikasi mengenai kebijakan pemerintah. Termasuk mendekatkan berbagai pelayanan hingga mendengar langsung aspirasi warga desa.

Hari pertama MTP di Tanjungdewa, selain pelayanan dari berbagai instansi, juga ada peresmian Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Desa Kuringkit. Sekaligus penyerahan bibit trembesi untuk Desa Tanjungdewa oleh bupati yang diterima oleh masing-masing kepala desa.

Pada hari kedua, bupati bersama jajaran pejabat Pemkab Tala terus gencar mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan melakukan tanda tangan komitmen Germas serta meninjau lokasi pembuatan saluran air oleh warga.

Anwar, warga Pelaihari, berharap kegiatan MTP juga menyasar wilayah kelurahan.Pasalnya penduduk kelurahan juga tak seluruhnya bermukim di kota, sebagian bermukim di wilayah pinggiran “Lingkungan permukiman di wilayah kelurahan itu juga ada yang suasananya seperti di desa, sepi dan warganya juga bertani. Perlu juga didatangi Pak Bupati supaya tambah lengkap kegiatan menunggal itu,” ucapnya. Rls/ang

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *