Pekalongan, infobanua.co.id – TNI-Polri bersama warga mengevakuasi pohon tumbang di alas Kroyakan Mesoyi Talun yang berbatasan dengan Sokokembang Petungkriyono, Selasa (20/12).

Akibat tumbangnya pohon mengakibatkan jalur menuju Petungkriyono mengalami terganggu.

Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H mengungkapkan bahwa telah terjadi pohon tumbang yang terjadi di alas Kroyakan Mesoyi Talun perbatasan dengan Sokokembang Petungkriyono.

“Pohon tumbang terjadi sekitar pukul 08.00 wib dan ini merupakan akses utama dari Mesoyi ke Sokokembang, sehingga membuat Pemerintah Daerah melalui BPBD bersama TNI-Polri dan masyarakat bergotong royong mengevakuasi pohon tersebut,” ujarnya.

AKBP Arief menyampaikan dengan adanya pohon tumbang tersebut membuat akses jalan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua saja. “Namun sekitar pukul empat sore, jalur sudah bisa dilewati kendaraan roda empat,” tambahnya.

Terkait peristiwa tersebut, Kapolres berpesan kepada masyarakat Kabupaten Pekalongan yang tinggal di wilayah pegunungan ataupun warga yang akan melewati jalan pegunungan
supaya senantiasa memperhatikan pohon-pohon yang besar apabila kondisi cuaca hujan disertai angin kencang.

“Juga perhatikan retakan-retakan tanah, karena retakan-retakan tanah tersebut apabila tergerus air hujan bisa mengakibatkan longsor,” tambah AKBP Arief.

Lebih lanjut, Kapolres menegaskan untuk selalu berhati-hati jika melewati wilayah pegunungan seperti Kandangserang, Lebakbarang dan juga Petungkriyono. (Simbah)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *