Oleh: Saripudin

 

Diplomasi merupakan salah satu bentuk kerjasama yang dilakukan antara dua negara untuk mencapai kepentingan antar kedua negara tersebut. Dalam hal ini sebuah negara yang   memiliki strategi khusus untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian serta perkembangan di negaranya itu sendiri. Perekonomian merupakan sebuah tiang bagi sebuah negara sebagai pusat bisnis dan pendapatan negara. Jika kita melihat history negara Uni Emirate Arab, negara mereka merupakan negara yang bisa dikatakan negara yang tidak berkembang dilihat dari  demografi negaranya mereka memiliki wilayah yang sangat gersang, akan tetapi sekitar tahun 1970-an Uni Emirate Arab mengalami perubahan yang sangat signifikan terlebih pada sektor perekonomian mereka. Dalam hal ini UEA memiliki komoditas minyak yang sangat unggul, sehingga pasar minyak di dunia saat sekarang ini didominasi oleh negara Uni Emirate Arab. Dengan komoditas minyak yang unggul tersebut hal ini dapat menghantarkan Uni Emirate Arab menjadi salah satu negara yang maju yang sangat dikenal di kancah internasional.

 

Perekonomian Uni Emirate Arab yang sangat maju menjadikan UEA dapat menjadi negara  yang sangat terbuka dalam sistem perekonomiannya. Terlebih itu negara UEA memiliki keahlian yang sangat luar biasa dalam bidang perekonomian syariah. Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi penduduk terbesar keempat di dunia. Sekitar 86,9% mayoritas penduduk indonesia beragama islam. Dengan hal ini masyarakat kita pasti telah mengenal dengan adanya ekonomi syariah akan tetapi masih  jarang yang mengamalkan dari ekonomi ini. Perekonomian indonesia merupakan perekonomian yang bisa dikatakan cukup mengalami perkembangan yang sangat pesat dapat dibuktikan dengan terpilihnya kita sebagai presiden G20 yang diselenggarakan pada November  salah satu bentuk implementasi bahwa perekonomian negara Indonessia berkembang sangat pesat.

Dalam hal ini tujuan indonesia melakukan kerjasama bersama Uni Emirate Arab  guna aspek meningkatkan ekonomi syariah. salah satu implementasinya ialah perjanjian indonesia dan UEA yang mana perjanjian ini bisa di katakan sebagai perjanjian bilateral. Dalam hal ini Uni Emirate Arab mengatakan  bahwa indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan perekonomian syariah. Perkembangan ekonomi syariah akhir-akhir ini mengalami pergerakan yang bisa dikatakan sangat bagus, tetapi dalam pergerakan ini masih belum signifikan dan sangat perlu untuk peran- peran aktor lainnya agar perekonomian ini terealasi sebaik mungkin. menteri badan usaha milik negara yang diketuai oleh bapak Erick Thohir telah melakukan diplomasi dengan negara UEA sebagai salah satu langkah untuk membangkitkannya era meningkatkan perdagangan investasi baru bersama UEA yang diharapkan akan berdampak sekali pada ekonomi indonesia baik secara domestik maupun secara internasional. Dalam diplomasi ini indonesia telah menyetujui dan menandatangani dokumen kesepakatan antara indonesia dengan United Emirat Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE-CEPA).

Dalam hal ini ternyata kedua negara memiliki beberapa program yang ingin di realisasikan di kedua negara tersebut. Seperti halnya dalam program UEA mengagendakan akan berinfestasi kepada negara Indonesia guna merealisasikan program IKN yang akan di bangun di Kalimantan Timur. Dengan adanya hal ini memberikan dampak yang luar biasa terhadap negara Indonesia, hal ini juga memberikan dampak yang baik bagi UEA yang mana Indonesia dan UEA memiliki hubungan diplomatic yang sangat erat, adanya kerjasama ini menggambarkan sifat timbal balik antara kedua negara. Ternyata disamping itu juga negara Indonesia telah mendirikan bank di UEA yang bertempat di Dubai. Hal ini menunjukkan keseriusan indonesia untuk mempelajari serta mencontoh bagaimana system ekonomi syariah yang sangat maju di UEA sehingga nantinya diharapkan Indonesia dapat turut mengimplementasikan sistem ekonomi syariah tersebut.

 Mahasiswa Hubungan Internasional, Universitas Muhammadiyah Malang

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *