Kotabaru, infobanua.co.id – Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, SH hadiri pertemuan Hari Ibu ke-94 Tingkat Kabupaten Kotabaru yang berlangsung di Gedung Paris Barantai. Kamis (22/12/2022)

Peringatan Hari ibu kali ini mengambil tema Perempuan Saijaan Berdaya Untuk Kabupaten Kotabaru Lebih Maju.

Dimana pada peringatan Hari Ibu Tahun 2022 ada beberapa yang dilaksanakan dalam rangkaian acara mulai dari ziarah ke makam pahlawan, anjangsana kepada salah satu wanita hebat inspirasi Kabupaten Kotabaru, dan puncak peringatan Hari Ibu.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Kotabaru, Wakil Bupati Kotabaru, Ketua DPRD Kotabaru, Forkopimda Kotabaru, SKPD Lingkup Kotabaru, Pembina Organisasi Wanita Kotabaru,Wakil Ketua 1 TP. PKK Kotabaru, dan seluruh Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Kotabaru.

Dalam sambutan tertulis Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati yang dibacakan oleh Pembina Organisasi Wanita Kotabaru Hj. Fatma Idiana mengatakan, bahwa Perempuan dan laki-laki memiliki peran dan kedudukan yang setara di dalam mencapai tujuan negara serta di dalam memperjuangkan kesejahteraan di semua bidang pembangunan seperti bidang pendidikan, ekonomi, sosial, politik, dan hukum, bahkan teknologi.

“Perempuan dan laki-laki juga mempunyai kesempatan, akses serta peluang yang sama, sebagai sumberdaya pembangunan sebagaimana target yang harus dicapai dalam tujuan pembangunan nasional jangka menengah dan jangka panjang maupun tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan sampai tahun 2030,” ucap Pembina Organisasi Wanita Kotabaru

Selain itu, Peringatan Hari Ibu diselenggarakan setiap tahun pada 22 Desember, merupakan momentum penting untuk mengenang dan memaknai kembali peran perempuan pejuang pergerakan Indonesia dalam merebut Kemerdekaan Indonesia sehingga kaum memiliki andil sangat besar dalam membangun generasi bangsa yang berkualitas.

“Hari Ibu di Indonesia tidak sepenuhnya serupa dengan Mother’s Day sebagaimana negara-negara di belahan dunia lain merayakannya. Hari Ibu di Indonesia memiliki makna yang jauh lebih besar. Hari Ibu dilandasi oleh tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sebagaimana dideklarasikan pertama kali dalam Kongres Perempuan Indonesia pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta,” ungkapnya.

Sedangkan Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari Ibu dan mengakui kaum Ibu banyak terlibat disemua aspek pembangunan dalam memajukan Kabupaten Kotabaru.

” Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah saya mengucapkan selamat Hari Ibu ke-94 kepada ibu-ibu Sekabupaten Kotabaru dan saya yakin dan percaya bahwa dengan peran ibu-ibu di Kabupaten Kotabaru bersama-sama dengan Pemerintah Daerah serta seluruh unsur terkait maka Kabupaten Kotabaru akan semakin maju”. Kata Wakil Bupati Kotabaru

Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif juga berpesan agar selalu menyayangi dan menghormati orang tua terutama Ibu.

” Pesan saya bagi yang masih ibunya masih hidup, perhatikan selalu sebagaimana beliau menyayangi kita,” tambah Wakil Bupati Kotabaru

Dalam kesempatan itu, juga dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada Juara 1 pada penilaian kualitas keluarga tingkat Daerah Se Kalimantan Selatan yang diraih oleh Desa Sungai Saluang Kecamatan Kelumpang Utara Kotabaru, dan Juara 1 the best parade dan kelengkapan website Se kalimantan Selatan diraih oleh Forum Anak Daerah Kotabaru serta Juara 3 pada lomba penilaian industri rumahan keluarga didapat Desa Saluang Kecamatan Kelumpang Utara Kotabaru, Juara 3 lomba perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat (PATBM) Se kalimantan Selatan Desa Megasari Kecamatan Pulau Laut Utara Kotabaru.

(JL).

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *