Martapura, infobanua.co.id – Rapat evaluasi aplikasi Smart Kampung Manis, Website Desa dan Pembuatan Tanda Tangan Elektronik Kepala Desa tahun 2022 ini merupakan bagian dari Smart City Kabupaten Banjar, melakukan integrasi kepada seluruh instansi Kabupaten Banjar dan mempermudah layanan publik kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Banjar diwakili Asisten Administrasi Umum Hj Siti Mahmudah, saat membuka rapat evaluasi dimaksud, di Mahligai Sultan Adam, lantai II, Martapura, Kamis (22/12/2022) pagi.

Dikatakannya, aplikasi Smart Kampung Manis bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam bentuk integrasi kerja berbasis desa/kelurahan dan SKPD agar mempermudah masyarakat dalam hal pengoptimalan pelayanan publik, sehingga masyarakat sekitar tidak perlu jauh-jauh mengurus ke kota cukup datang ke kantor desa, kelurahan dan kecamatan.

“ Saya atas nama Pemkab Banjar sangat mengapresiasi kegiatan ini, terimakasih kepada Dinas Kominfo Kabupaten Banjar atas terselenggaranya rapat evaluasi ini, semoga dapat berguna bagi masyarakat,” harapnya.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar HM Aidil Basith mengungkapkan, program Smart Kampung Manis merupakan suatu terobosan baru dalam penyelenggaraan pelayanan publik kepada masyarakat yang berbasis desa dan kelurahan.

Inovasi ini digagas untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, pengembangan desa terintegrasi yang memadukan antara penggunaan teknologi informasi, kegiatan ekonomi kreatif, peningkatan pendidikan, kesehatan dan upaya penuntasan kemiskinan.

Rapat evaluasi ini lanjut Basith, akan mengetahui sejauh mana perkembangan dan kekurangannya untuk bisa diperbaiki kedepannya, guna terciptanya Smart City Kabupaten Banjar yang Maju, Mandiri, Agamis (MANIS) sesuai visi misi Bupati Banjar.

Desa dan kelurahan yang masuk dalam pelaksanaan Smart Kampung Manis ini adalah Desa Selat Makmur, Kecamatan Beruntung Baru, Kayu Bawang Kecamatan Gambut, Cindai Alus Kecamatan Martapura, Indrasari Kecamatan Martapura, Simpang Tiga Kecamatan Mataraman, serta Kelurahan Sekumpul Kecamatan Martapura.

“ Saya atas nama Pemkab Banjar berharap seluruh kades di Kecamatan Mataraman bisa menerapkan Aplikasi Smart Kampung Manis tahun 2023,” harapnya.

Selain itu, ia juga meminta untuk pemanfaatan website desa yang sudah dibuatkan oleh DKISP Banjar, agar bisa lebih aktif dalam mengupdate berita serta Kecamatan Mataraman agar bisa menjadi percontohan terakait desa digital di Kabupaten Banjar.

Fad/IB

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *