Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy
JABAR  

Sambangi Warga Terdampak Bencana Gempa,Wabup Cianjur Tb Mulyana Syahrudin Akan Upayakan Bantu Rehabilitasi Bangunan Mesjid Yang Rusak

banner 120x600
banner 468x60

Cianjur, infobanua.co.id – Wakil Bupati Cianjur, Jawa Barat, Tb Mulyana Syahrudin, menyambangi lokasi terdampak gempa di Gang Harapan I RW 12 Kelurahan Sayang Kecamatan/Kabupaten Cianjur, Jumat (23/12/2022).

Tb Mulyana Syahrudin yang juga Ketua DPD Partai Golkar itu sekaligus memberikan bantuan kebutuhan warga seperti beras, selimut, perlengkapan mandi, dan lainnya.

banner 325x300

“Saya Mohon maaf baru bisa menyambangi warga di sini,” kata Mulyana di halaman Masjid Al Ishlah RW 12, Jumat (23/12/2022).

Dalam kesempatan tersebut wabup Tb Mulyana menyemangati warga yang diwakili ketua RW dan ketua RT,serta akan mengupayakan untuk membantu rehabilitasi bangunan Masjid Al Ishlah yang kondisinya terbilang rusak parah seperti yang dimohonkan ketua RW setempat.

“Insya Allah nanti kami upayakan bisa membantu. Ini ada bantuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Semoga bermanfaat,” ucapnya.

Sementara itu RW 12, Nunang Juarsah, mengucapkan terima kasih kepada wakil bupati yang menyempatkan diri melihat kondisi di wilayahnya pascagempa. Menurut Nunang, kedatangan wakil bupati jadi penyemangat bagi warga di wilayahnya segera bangkit pascagempa.

“Kami ucapkan terima kasih atas kedatangan dan bantuannya dari pak wabup. Ini jadi penyemangat bagi warga. Kami apresiasi perhatian dari pak wabup,” terang Nunang.

Menurut Nunang, secara kasat mata wilayahnya seperti tak terdampak gempa. Namun kenyataannya terdapat banyak bangunan rumah warga yang rusak.

“Hasil pendataan, ada sekitar 188 bangunan rumah warga yang rusak tersebar di tiga RT. Jumlah yang rusak berat sebanyak 66 unit dan rusak ringan 122 unit,” ucapnya.

Halaman masjid sempat dipakai tenda darurat pengungsian. Seiring berjalannya waktu, warga sudah mulai kembali ke rumah mereka masing-masing.

Bagi warga yang rumahnya tak bisa ditempati, sementara waktu mengungsi di rumah kerabat dan juga menyewa tempat. Sekarang sedang dibangun hunian sementara yang pembiayaannya bersumber dari dana sosial PT Telkom Bandung.

“Sekarang halaman masjid mau dipakai untuk huntara (hunian sementara). Rencananya nanti akan dihuni warga yang rumahnya rusak berat. Hasil pendataan ada 10 KK (kepala keluarga) yang menghuninya. Itu yang nanti jadi prioritas penghuni huntara,” jelas Nunang.

Nunang mengaku tak mengetahui persis besaran anggaran pembangunan huntara. Pihaknya hanya sebagai penerima manfaat.

“Kalaupun nanti sudah tak terpakai, bekas huntara bisa dimanfaatkan sebagai tempat pengajian karena bangunan masjid dan madrasah rusak berat,” pungkasnya.

Hasbi (Abi)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *