Sukabumi, infobanua.co.id – Tol Bocimi seksi 2 resmi difungsikan selama libur Nataru kali ini. Jajaran Satlantas Polres Sukabumi secara langsung melakukan pembukaan jalan tol dimulai dari pintu tol di Cigombong kabupaten Bogor pada Jum’at 23 Desember 2022 sekitar pukul 13.30 WIB.

Antusiasme warga menyambut jalan tol Bocimi seksi 2 sudah terlihat saat detik detik pembukaannya. Sejumlah warga tampak berswafoto ria di exit tol Bocimi seksi 2 di Sundawenang kecamatan Parungkuda kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

“Bagus pemandangannya indah, intinya kami seneng dong punya tol baru,” kata Yeni usai swafoto bersama teman temannya.

Dari pantauan dilapangan di exit tol Bocimi seksi 2, sejumlah kendaraan roda empat yang didominasi dari arah Jabodetabek, mulai melintasi jalan tol ini untuk alternatif mengatasi kemacetan.

Satu persatu kendaraan keluar dari tol Bocimi seksi 2, mereka kebanyakan menuju ke arah Kota Sukabumi namun sebagian ada yang ke arah Cicurug.

Kendaraan yang melintas hanya golongan I yakni jenis sedan, jip dan minibus karena jalan Tol Bocimi seksi 2 belum rampung seratus persen.

Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Bagus Yudho Setiawan mengatakan, pihaknya telah mengerahkan 20 personel untuk mengamankan lalulintas di Tol Bocimi seksi 2.

“Alhamdulillah hari ini sudah pembukaan tadi ada sekitar 20 sampai 30 mobil yang kami pantau dari pintu masuk untuk kendaraan dibilang cukup ramai lumayan tapi tidak terlalu ramai,” kata Yudho

Himbauan kepada masyarakat untuk Tol Bocimi seksi II ini kecepatan maksimalnya 40 km/jam sesuai di tempat awal pemberitahuan tidak boleh melebihi 40 km/jam melihat Bocimi seksi 2 ini sendiri belum selesai seutuhnya,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, jalan Tol Bocimi seksi 2 dapat mengatasi kemacetan yang ada di jalur Cicurug hingga Parungkuda.

” Di sekitaran tol sendiri kami menerjunkan 20 orang untuk mengantisipasi khususnya di sekitaran perpindahan dari jalur A menuju jalur B begitu juga sebaliknya dari jalur B menuju jalur A sekaligus kami mengantisipasi beberapa hal yang tidak diinginkan, kami menyiapkan derek di pintu masuk dan anggota Laka apabila terjadi kecelakaan di sekitaran tol,” ungkapnya.

“Kita mengantisipasi (kemacetan) khususnya di area pasar Cibadak kita menggunakan jalur alternatif Nagrak sebagai jalur utama mengarah ke Sukabumi kota itu yang dari Karangtengah kami antisipasi untuk pengurangan masuk ke sekitaran Nagrak,” pungkasnya.

Tol Bocimi seksi 2 hingga 3 Januari 2023 hanya menggunakan satu jalur dan jadwal beroperasi dari pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Dari tanggal 23 Desember 2022 sampai 31 Desember 2022 jalan Tol Bocimi seksi 2 digunakan untuk arah Cigombong ke Parungkuda. Lalu pada 1 Januari 2023 sampai 3 Januari 2023 untuk arah Parungkuda ke Cigombong.

Selama beroperasi pada libur Nataru kali ini, Tol Bocimi seksi 2 gratis dilalui kendaraan roda empat golongan 1.(Simbah)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *