PARINGIN, infobanua.co.id – Setelah hampir dua tahun Pramuka MTs Al Hidayah Desa Bihara Hilir, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan, vakum karena pembatasan akibat adanya social distancing pandemi Covid 19. Pramuka MTs Al Hidayah Bihara laksanakan kegiatan pengenalan kepramukaan, bertempat di MTs Al Hidayah Bihara, Sabtu (24/12/2022).

Acara pengenalan kegiatan kepramukaan ini, diikuti oleh peserta didik mulai dari kelas tujuh sampai kelas sembilan MTs Al Hidayah Bihara, dengan semangat yang tinggi.

Upacara pembukaan pengenalan kegiatan kepramukaan MTs Al Hidayah Bihara

 

Pembina Pramuka MTs Al Hidayah Bihara, Nisa mengucapkan, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan Pramuka kepada para peserta didik, yang sejak beberapa tahun terakhir ekstra kurikuler ini tidak aktif.

“Tentunya dengan kegiatan ini diharapkan mampu menambah wawasan mereka mengenai kegiatan kepramukaan serta bisa menumbuhkan kecintaan siswa terhadap Pramuka,” ujar Guru MTs Al Hidayah itu.

Nisa mengakui, para siswanya itu kurang mengenali kegiatan kepramukaan, seperti belajar Sandi, tali temali, bahkan mendirikan untuk berkemah.

“Selama ini memang setiap minggunya kita melakukan latihan Pramuka, namun sementara ini lebih ditekankan pengetahuan mengenai Pramuka, kedisiplinan, serta Peraturan Baris Berbaris (PBB),” jelasnya.

Kegiatan ini, jelasnya, akan dilaksanakan selama satu hari saja, kedepannya apabila anak-anak benar-benar siap dan ingin diadakan perkemahan maka kami akan berusaha untuk merealisasikannya.

Untuk kegiatan hari ini, ia berharap dapat berjalan dengan lancar serta tidak ada kendala sampai akhir.

Sementara itu pelatih Pramuka MTs Al Hidayah Bihara, Muhamad Fikri Syahrin mengungkapkan ada beberapa hal yang ia tekankan pada kegiatan ini, terutama soal berkemah.

“Kita mengarahkan siswa bagaimana mendirikan bepak, (tempat berteduh yang dibuat dari jas hujan : Rad) mendirikan tenda, memasak menggunakan alat yang berasal dari alam,” jelas lelaki yang sering di sapa Abang Syahrin itu.

Selain seputar perkemahan, juga dijelaskan tentang sandi dalam Pramuka, kegiatan game serta simulasi bagaimana jurit di Pramuka.

Salah satu peserta dalam kegiatan ini Rika, mengungkapkan sebelumnya belum pernah mengikuti kegiatan kepramukaan seperti ini.

“Saya belum pernah mengikuti kegiatan seperti ini kegiatannya asik menambah pengetahuan,” sebut siswa kelas delapan itu.

Diakuinya selama 2 tahun terakhir memang tidak ada dilaksanakan kegiatan kepramukaan seperti ini bahkan berkemah pun tidak ada.

Ia mengakui walaupun capek kegiatan yang dimulai sejak pagi itu, sangat asik dan menambah pengetahuan apalagi soal mendirikan tenda dan memasak menggunakan alat dari alam.

“Mudah-mudahan sih kedepannya ada perkemahan soalnya kayaknya seru aja lihat orang-orang pada kemah,” pungkasnya.

Fikri

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *