Depok, infobanua.co.id – Akhir nya pekerjaan pembangunn penataan Trotoar jalan Margonda Kota Depok mendekati rampung dan siap di gunakan. hal tersebut di sampaikan Yundi Dwiguna selaku Project Manager (PM) kepada Infobanua.co.id, sabtu (24/12/22).

“Progress pekerjaan sampe dengan saat ini, sabtu (24/12/22) saat ini kurang lebih sudah mencapai 98%,
pekerjaan-pekerjaan minor dan perapihan, masih dilaksanakan menuju progress penyelesaian 100%”. kata Yundi.

Dikatakan nya, ada beberapa Item pekerjaan pembangunan Trotoar meliputi :

– Pekerjaan Trotoar Beton K250 Dekoratif (Stamp Concrete)
– Pekerjaan Gutter Beton Precast
– Pekerjaan Kotak Mulut Air Beton Precast + Tutup Beton Precast
– Pekerjaan Pipa PVC dia. 6″
– Pekerjaan Trotoar Beton K250
– Pekerjaan Kansteen Precast
– Pekerjaan Pipa PVC dia. 4″
– Pekerjaan Tutup Manhole
– Pekerjaan Cat Kansteen.

Dengan nya dibangunnya Trotoar jalan Margonda Raya ini, berarti Pemerintah Kota Depok dalam hal ini Dinas PUPR Kota Depok telah menyediakan fasilitas bagi pejalan kaki dan penyadang disabilitas (tuna netra) dalam bentuk jalur khusus yang bebas dari aktivitas kendaraan bermotor.

“Hal ini juga memudahkan para pejalan kaki dan penyadang disabilitas (tuna netra)
pada saat berjalan kaki tidak bercampur dengan kendaraan bermotor yang dapat mengakibatkan memperlambat arus lalu lintas” ujar Yudi.

Harapan kami dari pihak pelaksana, masih lanjut Yundi dengan dibangunnya Trotoar di Jl. Margonda Raya ini dapat memberi manfaat sebagaimana fungsinya trotoar, yaitu memberikan pelayanan kepada pejalan kaki dan penyadang disabilitas (tuna netra), sehingga dapat meningkatkan kelancaran, keamanan dan kenyamanan pejalan kaki dan penyadang disabilitas (tuna netra). ungkap Yundi.

Sementara menurut Citra, Kadis PUPR Kota Depk menjelaskan, penataan Jalan Margonda direncanakan bakal tertata rapi seperti di wilayah Jakarta. Nantinya di sepanjang jalan tersebut bakal dipasang lampu penerangan jalan umum (PJU) yang bernuansa etnik oleh Dinas Perhubungan.

“Kemudian, ada juga bola-bola dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan,” kata Citra belum lama ini

Ditambahkan nya, pekerjaan trotoar di Jalan Margonda merupakan penataan lanjutan segmen I dan segmen III. Penataan lanjutan tersebut dimulai dari Jalan Dahlia sampai Masjid Ramanda sepanjang kurang lebih 800 meter.

Sedangkan, untuk segmen III berada disisi timur dari atas jembatan Juanda sampai sebelum Universitas BSI. Sementara sisi barat dimulai dari BNI sebelum Pom Bensin Margonda sampai dengan Rumah Makan Bumbu Desa.

“Total panjang trotoar segmen III yang kami tata yaitu 4,8 Km. Untuk lebarnya 4 meter, kecuali pekerjaan segmen I lebar trotoar yaitu 3 meter. Untuk segmen III lebih lebar karena akan ada aksesoris yang digunakan seperti bangku, bola-bola dan lampu,” jelas Citra.

Citra menyebut, pekerjaan penataan trotoar Jalan Margonda berlangsung sejak 6 September sampai dengan 16 Desember 2022. Adapun, biaya penataan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok dengan nilai Rp 23,5 miliar.

“Mudah-mudahan pekerjaan penataan trotoar yang saat ini masih berlangsung, bisa selesai tepat waktu,” jelas nya. (Wahyu)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *