KAJEN, infobanua.co.id – Demi memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan ibadah pada perayaan natal dan tahun baru 2023, Wakil Bupati (Wabup) Pekalongan H. Riswadi, SH., bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melaksanakan pemantauan malam Natal di sejumlah tempat, Sabtu (24/12/2022) malam.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati didampingi Wakil Ketua DPRD Catur Adriansyah, Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H dan perwakilan Dandim 0710 Pekalongan melakukan pemantauan ke sejumlah tempat strategis di Kabupaten Pekalongan seperti GKJ Immanuel, Gereja Katolik St. Yohanes Kecamatan Karanganyar, Pos Pengamanan (Pos PAM) lalu lintas Kecamatan Kedungwuni, Pos PAM Exit Tol Bojong, Pos PAM Rest Area 338 Pegandon, Pos PAM IBC Kecamatan Wiradesa, dan terakhir Pos PAM Pait Kecamatan Siwalan.

Wabup Riswadi menuturkan hasil pemantauan yang dilakukan Misa Natal di GKJ Immanuel, Gereja Katolik St. Yohanes Kecamatan Karanganyar terpantau berjalan lancer. “Tadi sudah berkunjung di dua gereja yang ada di Karanganyar. Yang mana kami melihat selaku bagian dari pemerintah itu berjalan lancar. Misa keduanya berjalan lancar dan berdoanya sangat khusyuk,” terang Wabup.

Dari pantauan yang dilakukan bersama Forkopimda, Wakil Bupati Riswadi menyampaikan bahwa pihak gereja sangat apresiasi terhadap upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan tersebut. “Tadi pesan dari pendeta dari salah satu gereja juga mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Pekalongan,” tuturnya.

Peringatan Natal 2022, Wabup meminta kepada umat nasrani di Kabupaten Pekalongan untuk turut serta mendoakan agar Pemkab Pekalongan dapat menjalankan perannya dengan baik. “Kami berharap Misa Natal ini mohon didoakan semoga kami selaku pemerintah bisa melaksanakan visi misi pembangunan di Kabupaten Pekalongan kedepan lebih baik, lebih maju dan mohon didukung dan didoakan semoga bisa memberikan yang terbaik kepada masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H menuturkan bahwa berdasarkan hasil permantauan dari kepolisian bahwa pelaksanaan Misa Natal gereja di wilayah Kabupaten Pekalongan berjalan kondusif dan lancar.

“Dari pemantauan yang ada di 16 gereja, pelaksanaan Misa mulai dari pagi tadi (24/12/2022) sampai dengan tadi pukul 20.00 WIB semua sudah selesai dan berjalan dengan lancar, tidak ada gangguan. Besok pagi juga ada yang melaksanakan ibadah juga pukul 08.00 WIB dan pukul 06.00 WIB kita sudah lakukan sterilisasi dan penjagaan tentunya akan tetap dilaksanakan oleh pihak kepolisian,” jelasnya.

Selanjutnya terkait arus kendaraan mudik menjelang Natal, Kapolres menuturkan tidak ada kenaikan signifikan yang terjadi. “Untuk informasi terkait dengan arus mudik terpantau pada pukul 18.00 WIB sampai dengan 06.00 WIB tadi pagi itu terjadi penurunan arus mudik. Kemudian pada pukul 06.00 sampai 18.00 ada kenaikan tetapi masih dalam situasi normal jadi saat ini arus lalu lintas masih normal,” terangnya.

Selain itu, Kapolres menuturkan bahwa pihaknya selain mengawasi arus lalu lintas juga melakukan pengamanan terhadap gereja, obyek wisata, serta antisipasi bencana alam yang mungkin terjadi. “Kita melakukan pengamanan selain dalam kelancaran arus lalu lintas kita juga melakukan pengamanan terhadap obyek gereja, obyek wisata, dan juga terhadap bencana alam. Jadi personil respon bencana alam telah kita siagakan guna mengantisipasi prediksi-prediksi BMKG yang ada,” ujarnya.

Kapolres juga menuturkan pihaknya mengikuti arahan Kapolda untuk menempatkan personil di pos pantau di depan rest area. “Tentunya pada ruas jalan sesuai dengan arahan Bapak Kapolda kita siagakan untuk pos pantau di depan rest area yang kebetulan di jalan tersebut agak sedikit tersendat karena jalanan menurun ataupun adanya lubang, sehingga kita memberikan sign lampu kuning supaya kendaraan dapat mengurangi kecepatan di wilayah tersebut,” tandasnya. (Simbah)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *