Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy

PAW Kades Samuda Besar, Baru Pernah Terjadi Dua Putaran

banner 120x600
banner 468x60

Sampit, infobanua.co.id – Pemilihan Antar Waktu (PAW) tiga calon Kepala Desa Samuda Besar, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan (MHS) Samuda yakni Mastuki, Juhriansyah dan Supiani yang merupakan kandidat sama sama mempunyai kekuatan masa di daerahnya pemilihan.

Sebelum pengambilan nomor urut ketiga calon tersebut dari laporan ketua BPD Samuda Besar menyampaikan, bahwa ketiga calon telah melalui tahapan yang sesuai dengan Perda No.1 Tahun 2021 tentang perubahan kedua atas Perda No.4 Tahun 2016 tentang pemilihan Kades yang dimulai pada tanggal, 14 Nopember 2022.

banner 325x300

Hal ini menurut ketua BPD Samuda Besar sesuai dengan penetapan peserta musyawarah atau pemilih tetapnya, yang mana ada 47 pemilih terdiri dari BPD, Aparatur Desa, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh pendidikan, dan dari unsur yang ada di desa Samuda Besar.

“Akhirnya di hari ini BPD beserta panitia menetapkan bakal calon menjadi calon serta pemilihan langsung dan menetapkan kades PAW terpilih nantinya,” ujar ketua BPD Iswari Lutpi Samuda Besar dalam sambutannya, Rabu (28-12-2022) yang dilaksanakan di aula desa Samuda Besar.

Pencabutan nomor urut ketiga calon tersebut diantaranya, Mastuki nomor urut 1, Juhriansyah nomor urut 2 dan Supiani nomor urut 3. Pada putaran pertama dalam pencoblosan pemilihan kades Samuda Besar oleh 47 suara pemilih, Mastuki nomor urut 1 memperoleh 15 suara, Juhriansyah nomor urut 2 memperoleh 15 suara, Supiani nomor urut 3 memperoleh 12 suara sementara suara yang di anggap rusak 5 suara.

Sehingga pada putaran pertama ada dua calon yang memperoleh 15 suara yang sama, maka panitia pemilihan antar waktu di desa Samuda Besar melakukan putaran pemilihan kedua. Dalam putaran kedua tersebut nama Mastuki dan Juhriansyah akan kembali untuk dipilih, namun dari putaran kedua ini pantauan infobanua Sampit kedua calon masing masing saling memperlihatkan kekuatannya.

“Untuk PAW seperti ini memang belum pernah terjadi, baru kali ini di desa Samuda Besar,” ucap Sekdis PMD Yudi kepada infobanua Sampit.

Putaran kedua pemilihan calon kades Samuda Besar dilanjutkan hanya dua kandidat Mastuki dan Juhriansyah, tampak panitia pelaksana kegiatan PAW kades Samuda Besar sangat sibuk mempersiapkan surat suara termasuk saksi kedua calon.

Usai pencoblosan surat suara dibuka kemudian dihitung satu persatu oleh panitia dan disaksikan oleh saksi dua calon kades, Mastuki memperoleh 27 suara sementara Juhriansyah memperoleh 19 suara dan 1 suara dianggap rusak.

Hingga pada putara kedua pemilihan tersebut Mastuki terpilih kades Samuda Besar antar waktu, ucapan selamat kepada Mastuki berdatangan dan saling berjabatan tangan tidak terkecuali lawan calon kades serta kades se-kecamatan MHS Samuda.

Terpisah setelah terpilih menjadi kades Samuda Besar, Mastuki saat dibincangi infobanua Sampit terkait programnya membangun desa mengatakan akan melanjutkan pembangunan dan memelihara infrastruktur yang sudah ada, meningkatkan pelayanan pemerintah desa, mengembangkan peran pemuda melalui pelatihan, melaksanakan kegiatan sosial budaya, agama dilingkungan masyarakat.

“Saya mencoba bersama warga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan perekonomian hingga mencapai tarap hidup yang lebih abik lagi,” ungkap Mastuki kades terpilih dan berharap dalam pelantikan nantinya Bupati Kotim bisa hadir di desa Samuda Besar yang juga ini harapan warga desa Samuda Besar.

Zainal

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *