infobanua.co.id
Beranda Barito Kuala Capaian Kinerja Pemerintah Kabupaten Batola Selama 2022

Capaian Kinerja Pemerintah Kabupaten Batola Selama 2022

Marabahan, infobanua.co.id – Sekretaris Daerah Zulkipli Yadi Noor, Penjabat (Pj) Bupati Mujiyat, S. Sn, M. Pd, paparkan capaian kinerja Pemerintah Kabupaten Batola selama 2022, Rabu (28/12) dalam acara mengundang awak media dan para kepala SKPD di Barito Kuala (Batola).

Berhadir pula Ketua DPRD Batola yang diwakili Wakil Ketua Dra Hj. Arfah, Kapolres Batola Diaz Sasongko, Ketua Pengadilan Negri Marabahan Yeni Eko Purwaningsih, Ketua Pengadilan Agama Marabahan Dede Andi, serta perwakilan anggota Forkopimda lainnya.

Mujiyat sampaikan capaian prestasi Batola selama 2022. Mujiyat apresiasi capaian Batola pada 2022 tidak terlepas dari tangan Bupati periode 2017-2022 Hj. Noormiliyani AS dan Wakil Bupati H. Rahmadian Noor. Mujiyat mendoakan apa yang menjadi hasil karya pembangunna telah dilakukan menjadi amal jariah.

“Kita do’a-kan segala pembangunan yang telah dilakukan ibu Noormiliyani menjadi amal jariah bagi beliau, ” ungkap Mujiyat.

Selanjutnya Mujiyat sampaikan kepada seluruh kepala skpd yang berhadir untuk memberikan minimal 1 skpd 1 inovasi selama 2023 nanti.

“Harus ada inovasi kalau sudah level kepala Dinas ini, kalau tidak ada, kita evaluasi posisinya, ” papar Mujiyat.

Mujiyat juga sampaikan tema hari jadi ke 63 Batola adalah “Barito Kuala Bisa” yang memiliki arti “Berdaya Saing, Inspiratif, Sportif dan amanah, “. Sementara pelaksanaan puncak hari jadi akan digelar pada 5 Januari 2023.

” Nanti kita gelar tabligh akbar dan kita berdoa bersama para ulama untuk kemajuan Batola,” ungkap Mujiyat.

Terkait capaian Batola, gini rasio Batola pada 2021 adalah 0,284 angkanya lebih tinggi dari gini ratio Provinsi Kalsel 0,330, sehingga ketimpangan pendapatan Batola lebih rendah dari Prov Kalsel. Tingkat kemiskinan pada 2022 mengalami penurunan dibanding 2021 dari 5,12% menjadi 4,75%. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Batola pada tahun 2022 lebih rendah dari Prov Kalsel sebesar 4,74%. Pertumbuhan ekonomi Batola mengalami peningkatan pada 2022 dari -1, 06 menjadi 3,17.

Sementara capaian reformasi birokrasi pada tahun 2022 dengan kategori (CC) dan Indeks Kepuasan Masyarakat 85,25 dengan nilai SAKIP kategori (B) menunjukkan tingkat akuntabilitas kinerja yang baik. Hasil Survey Penilaian Integritas (SPI) KPK Barito Kuala mendapatkan skor 75,46 yang berada diatas rata-rata nasional. Sedangkan sampai saat ini Batola dari penilaian MCP KPK KORSUPGAH (Koordinasi Supervisi dan Pencegahan) berada pada urutan 2 se Kalsel dengan nilai 92,15.

“Angka harapan hidup di Batola mencapai 66,27 tahun, angka ini terus mengalami peningkatan yang menunjukkan kesehatan di Batola semakin baik, ” jelas Mujiyat pada awak media yang berhadir.
Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dengan awak media yang berhadir. Dalam acara ini berhadir pula seluruh Kepala SKPD dan Camat di Batola.

Nang/IB

Bagikan:

Iklan