Banjarbaru, infobanua.co.id – Dengan disahkan empat Raperda bagaimana fungsi dewan fungsi  pengawasan hasil produk dewan produk bersama dengan pemerintah kota perlu menyiapkan tindak lanjut diperda ada peraturan perwali disiapkan, kemudian petunjuk-petunjuk pelaksanaannya itu penting.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua II DPRD Banjarbaru, Nafsiani Samandi , Rabu (28/12/2022) usai rapat paripurna.  Pemko segera mempersiapkan Peraturan Wali Kota (Perwali) turunan empat Raperda inisiatif. Empat Raperda ini meliputi Raperda Fasilitasi Pesantren, Raperda Ekonomi Kreatif (Ekraf), Raperda Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan (LP2B) dan Raperda Kampung Wisata.

“Kemudian itu perda perlu disosialisasikan ke masyarakat tugas bersama-sama. Dewan juga bisa melakukan sosialisasi pada saat kita melakukan reses atau pertemuan -pertemuan kemudian secara  pengawasan dewan nanti bagaimana dipertanggung jawabkan oleh Pemko dalam pelaksanaan pemerintahan,” tegasnya.

Nafsiani mengatakan, pengawasan kontek kegiatan implementasi sehari-hari tentu bisa melakukan bagaimana SKPD melakukan perda itu sendiri .

Sementara, Wakil Ketua I DPRD Kota Banjarbaru, Taufik Rachman sebut ada empat belas Perda yang telah dirampungkan DPRD Kota Banjarbaru sepanjang 2022. Meliputi tiga Perda Akumulatif, tujuh Perda inisiatif Pemerintah Kota (Pemko) dan empat Perda inisiatif Dewan.

“Harapanya dengan adanya pengesahan ini mampu disambut baik seluruh jajaran Instansi yang ada di Kota Banjarbaru,” pungkasnya.

Yus/IB

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *