Banjarmasin, infobanua.co.id – BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin terus berupaya memberikan pemahaman kepada pemberi kerja terkait pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Salah satu upaya tersebut diwujudkan dengan menggandeng Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru untuk melaksanakan sosialisasi kepada pemberi kerja.

 

Kepala BPJS Kesehatan Kota Banjarbaru, I Dewa Ayu Kade Sartika Dewi menjelaskan pentingnya sosialisasi ini untuk memberikan kesadaran setiap pemberi kerja untuk memberikan perlindungan bagi pekerjanya dengan memiliki JKN.

 

“Tentu saja dengan memastikan pekerja terdaftar sebagai peserta JKN, hal ini merupakan upaya kita memastikan kesejahteraan bagi seluruh pekerja di bidang kesehatan, sehingga akan berdampak positif bagi badan usaha itu sendiri karena kepuasan pekerja dapat meningkatkan produktivitas juga,” ujar Dewa dalam sambutannya.

 

Lebih lanjut, Dewa menjelaskan dengan terdaftarnya perusahaan dan seluruh pekerjanya dalam Program JKN, badan usaha tersebut patuh kepada ketentuan atau kebijakan pemerintah serta menunjukkan kepedulian dan tanggung jawab penuh terhadap kesehatan pekerja. Tentunya hal ini dapat meningkatkan citra positif bagi badan usaha tersebut.

 

“Mendaftarkan badan usaha beserta seluruh pekerjanya juga memberikan berbagai keuntungan, selain yang telah saya sebutkan tadi, badan usaha juga bisa memiliki kepastian anggaran pelayanan kesehatan bagi pekerja dan mengurangi potensi fraud pada klaim biaya pelayanan kesehatan. Badan usaha juga tidak perlu lagi repot mencari resource untuk mengurus kesehatan pekerja,” tambah Dewa.

 

Pada kesempatan tersebut, BPJS Kesehatan memberikan berbagai informasi terkini mengenai Program JKN. Mulai dari iuran peserta, manfaat Program JKN, prosedur pelayanan kesehatan dalam Program JKN hingga berbagai macam pelayanan yang saat ini telah terdigitalisasi sehingga memudahkan peserta dalam mendapatkan pelayanan.

 

Salah satu pemilik badan usaha, Hendy Saputra yang turut hadir sebagai peserta sosialisasi mengapresiasi kegiatan sosialisasi Program JKN yang tengah diikutinya saat itu. Ia selaku pemilik badan usaha menyatakan komitmennya untuk memastikan seluruh pekerjanya terdaftar sebagai peserta JKN.

 

“Dari sosialisasi ini saya menjadi lebih paham dan sadar akan pentingnya Program JKN. Terlebih sudah banyak sekali update kemudahan yang telah ditawarkan oleh BPJS Kesehatan seperti penggunaan KTP untuk mengakses pelayanan kesehatan. Dan pastinya informasi ini akan saya implementasikan di badan usaha saya dan seluruh pekerja saya,” ucap Hendy. (YG/gn)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *