Banjarmasin, infobanua.co.id – BPJS Kesehatan selalu berupaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Program JKN. Kali ini, BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin menggencarkan sosialisasi kepada ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di setiap kelurahan wilayah Kota Banjarbaru.

 

“Sebagai badan hukum publik yang diberikan tugas oleh undang-undang untuk menyelenggarakan Program JKN, kami terus memberikan informasi secara masif kepada masyarakat agar mereka dapat terus update terhadap informasi-informasi terkini dan memahami peraturan yang berlaku di Program JKN. Dengan kegiatan hari ini diharapkan ibu-ibu PKK yang hadir bisa menjadi perpanjangan tangan BPJS Kesehatan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat di sekitar mereka,” kata Kepala BPJS Kesehatan Kota Banjarbaru, I Dewa Ayu Kade Sartika Dewi pada acara sosialisasi di Kelurahan Landasan Ulin Utara, Jum’at (28/10).

 

Dewa menambahkan bahwa kegiatan sosialisasi kepada ibu-ibu PKK ini tidak hanya dilaksanakan di Kelurahan Landasan Ulin Utara saja, melainkan di seluruh kelurahan di Kota Banjarbaru. Diharapkan dengan kegiatan ini informasi dapat tersampaikan dengan baik ke setiap lapisan masyarakat karena memang dirasa masih banyak masyarakat yang masih kurang memahami Program JKN.

 

Dewa mengaku berbagai peraturan dan informasi terkait Program JKN memang sangat sering mengalami pembaruan sehingga sosialisasi secara konsisten memang salah satu upaya yang harus ditempuh agar tersampaikan ke seluruh peserta. Alur pelayanan, manfaat yang didapat, berbagai kemudahan layanan melalui bernagai kanal hingga aplikasi Mobile JKN tidak luput disampaikan pada sosialisasi tersebut.

 

“Kebijakan, aturan, dan inovasi sering mengalami pembaruan di program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini. Oleh karenanya kami tidak pernah bosan menyampaikan setiap ada informasi terbaru. Penyampaian dan pendekatan secara langsung seperti kegiatan hari ini kami upayakan agar informasi yang disalurkan dapat diterima secara konkret,” ujar Dewa.

 

Selaras dengan pernyataan yang diungkapkan oleh Dewa, Darsih salah satu ibu PKK yang turut hadir menjadi peserta sosialisasi tersebut menyampaikan bahwa dirinya masih sering menemui warga di sekitar tempat tinggalnya yang kurang memahami Program JKN.

 

“Kami sangat antusias terhadap kegiatan sosialisasi seperti ini, terlebih terkait Program JKN. Program ini sebenarnya sangat bermanfaat namun masih banyak masyarakat yang kurang memahami akan program ini. Contohnya saja seperti alur pelayanan dengan Program JKN pasti masih ada yang bertanya-tanya bagaimana cara menggunakannya. dengan sosialisasi seperti ini kita menjadi semakin paham dan semakin siap untuk membantu memberikan informasi kepada masyarakat terkait Program JKN,” tutup Darsih. (YG/gn)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *