Banjarmasin, infobanua.co.id – Sebagai upaya dalam menjaga kualitas pemberian pelayanan bagi fasilitas kesehatan kepada peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin mengajak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Boejasin Pelaihari untuk melaksanakan pertemuan Utilisasi Review, Jum’at (28/01).

 

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin, Anindha Yusdhita menyampaikan melalui pertemuan yang digelar, pihaknya dapat melakukan sosialisasi sekaligus memperkuat sinergitas terkait regulasi dengan implementasinya terhadap pelayanan peserta JKN-KIS di lapangan.

 

“Utilisasi Review ini memang perlu rutin dilakukan untuk memantau kinerja fasilitas kesehatan sehingga diharapkan melalui kegiatan ini berdampak terhadap peningkatan pelayanan kepada peserta. Pada kesempatan kali ini juga kami bermaksud melakukan sosialisasi terkait regulasi terbaru yang berkaitan langsung dengan pelayanan yang akan dilakukan rumah sakit sehingga saat implementasi di lapangan tidak ada perbedaan persepsi antar kami,” jelas Anindha.

 

Anindha menambahkan hasil dari acara ini dapat disandingkan dengan penilaian ulang (rekredensialing) yang dilaksanakan dengan kunjungan langsung kepada fasilitas kesehatan. Hal ini menentukan rapot penilaian suatu fasilitas kesehatan apakah pelayanan kesehatan yang diberikan sudah sesuai dengan standar pelayanan sehingga kepuasan peserta JKN-KIS tetap terjaga.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Medis dr. Wiwik turut menyatukan pemahaman terhadap maksud kegiatan ini yakni peningkatan pelayanan kepada peserta JKN-KIS.

 

“Kami berterima kasih kepada BPJS Kesehatan yang secara rutin setiap tahunnya melakukan evaluasi terhadap rumah sakit ini. Melalui evaluasi ini kami berharap ke depannya dapat menjalankan fungsi secara optimal sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan. Melalui kegiatan ini bisa mewujudkan persamaan persepsi dalam pelayanan di lapangan karena memang komunikasi yang baik antar rumah sakit dengan BPJS Kesehatan merupakan pokok pondasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi peserta,” terang Wiwik.

 

Dalam sesi diskusi pihak BPJS Kesehatan dan RSUD H. Boejasin Pelaihari bersama saling mengkaji dan menyatukan pemahaman terkait beberapa topik penting mulai dari proses verifikasi dan pengajuan klaim JKN-KIS, kualitas klaim hingga regulasi penjaminan bayi baru lahir sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 26 Tahun 2021. (KA/gn)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *