Banjarmasin, infobanua.co.id – Pusing dan badan tiba-tiba merasa lemas bisa menjadi gejala anemia. Penyebabnya pun sama yaitu karena tubuh kekurangan persediaan hemoglobin yang cukup. Hal itu yang dirasakan oleh Sukartinah (62).

 

Midhan (62) suami dari Sukartinah yang kala itu sedang menemaninya di rumah sakit karena harus menjalankan rawat inap, bercerita sedikit pengalamannya berobat atas penyakit anemia yang diderita oleh istrinya. Midhan mengaku penyakit tersebut sudah diderita oleh istrinya sejak lama, sehingga ia harus sering melakukan kontrol di fasilitas kesehatan.

 

“Awalnya Istri saya merasa pusing dan itu saya pikir hanya pusing biasa, namun setelah istri saya tidak kunjung berhenti mengeluhkan keadaannya, akhirnya langsung saya bawa ke rumah sakit. Benar saja, setelah diperiksa ternyata hasilnya hemoglobinnya rendah dan disarankan oleh dokter untuk rawat inap serta memerlulkan transfusi darah,” ujar Midhan.

 

Lebih lanjut, Midhan mengaku bahwa sebenarnya istrinya juga pernah mengalami hal yang serupa yang menyebabkannya harus menerima perawatan yang intensif di rumah sakit.

 

“Sebelumnya juga pernah rawat inap di rumah sakit atas kendala yang sama. Alhamdulillah setiap kami berobat ke rumah sakit kami selalu menggunakan kartu JKN. Jadi untuk biaya berobat kami tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Hingga saat ini saya menemani istri saya berobat pun menggunakan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Mulai dari pelayanan, obat-obatan hingga kantong darah yang diperlukan istri saya semuanya gratis,” kata Midhan.

 

Midhan menambahkan, selama menemani istrinya rawat inap di rumah sakit, dirinya mengakui mendapatkan pelayanan yang sangat baik. Tidak ada perbedaan atau diskiriminasi antara pasien yang merupakan peserta JKN dengan pasien umum. Semua diberikan layanan yang sama dan sesuai dengan kaidah medis yang ada. Hal ini membuatnya sangat puas dan bersyukur.

 

“Saya sangat bersyukur karena saya sekeluarga telah menjadi peserta JKN, saya ucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan dan pemerintah yang telah menggagas Program ini. Semoga program ini dapat terus berjalan dan memberikan kebaikan sehingga dapat terus melayani pesertanya dengan berkualitas,” tutup Midhan. (YG/gn)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *