Banjarmasin, infobanua.co.id – BPJS Kesehatan terus menghadirkan berbagai inovasi untuk memudahkan peserta dalam membayarkan iuran kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Saat ini, BPJS Kesehatan telah menghadirkan program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) untuk memberikan kemudahan bagi peserta dalam pembayaran tunggakan iuran JKN.

 

Kepala Bidang Sumber Daya Manusia, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin, Jahidah menjelaskan Program REHAB bertujuan untuk memberikan keringanan finansial bagi peserta JKN yang menunggak khususnya segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) sehingga dapat melakukan pembayaran iuran secara bertahap.

 

“Persyaratan untuk mendapatkan Program REHAB, diantaranya peserta termasuk dalam segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP). Dimana peserta tersebut memiliki tunggakan lebih dari tiga bulan (tunggakan 4-24 bulan). Nantinya, peserta dapat mendaftar melalui aplikasi Mobile JKN. Dan maksimal periode yang bisa diambil adalah 12 bulan dan kepesertaan akan kembali aktif saat seluruh tunggakan telah terbayar lunas,” jelas Jahidah.

 

Jahidah menerangkan bahwa BPJS Kesehatan memahami kebutuhan masyarakat yang tetap ingin menjadi peserta JKN namun terkendala karena memiliki tunggakan dan terbebani apabila harus langsung membayar tunggakan yang ada sekaligus. Jahidah berharap program tersebut dapat menjadi solusi untuk membantu masyarakat yang selama ini menunggak iuran JKN. Dengan mengikuti alur dan prosedur, peserta nantinya sudah dimudahkan membayar tunggakan secara bertahap.

 

“Peserta diarahkan untuk memilih menu Rencana Pembayaran Bertahap pada aplikasi Mobile JKN dan akan muncul informasi total tunggakan. Kemudian, setelah peserta menyetujui syarat dan ketentuan, peserta bisa menyelesaikan pendaftaran Program REHAB. Tagihan akan terbentuk sesuai dengan pilihan peserta dan dapat membayar tagihan iuran pada kanal-kanal pembayaran yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” tambah Jahidah.

 

Lebih lanjut, Jahidah berharap melalui pertemuan dengan awak media, insan pers dapat membantu menyebarkan informasi dan inovasi terbaru BPJS Kesehatan ke masyarakat sehingga informasi bisa sampai ke seluruh lapisan masyarakat.

 

“Kami sangat berharap peran serta dari media untuk menyebarkan informasi ini karena informasi ini sangat penting dan diperlukan bagi Peserta JKN,” ucap Jahidah.

 

Raudah Anisya yang menjadi salah satu peserta kegiatan sangat mendukung langkah BPJS Kesehatan yang telah merangkul media untuk turut serta menyukseskan Program JKN melalui penyebaran informasi secara masif.

 

“Kami sangat mendukung langkah BPJS Kesehatan karena program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan merupakan program yang menyangkut kesejahteraan masyarakat. Kami dari media yang merupakan sumber informasi bagi masyarakat akan mendukung melalui penyebaran informasi terkini Program JKN sehingga informasi penting dan bermanfaat bisa sampai kepada masyarakat,” ujar Anisya. (YG/gn)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *