Banjarmasin, infobanua.co.id – Sebagai upaya memastikan mutu pelayanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan (faskes) mitra BPJS Kesehatan berjalan dengan baik, BPJS Kesehatan tengah gencar melakukan recredentialing terhadap faskes, salah satunya yakni terhadap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. H. Moch. Ansari Saleh.

 

Sebagai informasi, proses recredentialing merupakan kegiatan peninjauan ulang terhadap pemenuhan persyaratan dan kelengkapan sarana prasarana, sumber daya manusia, serta komitmen fasilitas kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), untuk fasilitas kesehatan yang akan melanjutkan kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

 

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin, Anindha Yusdhita menjelaskan recredentialing merupakan proses wajib yang harus dilaksanakan sebelum perpanjangan kerja sama yang bertujuan untuk memastikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan sesuai standar yang telah ditetapkan oleh regulasi.

 

“Sebagai penyelenggara Program JKN, BPJS Kesehatan tentunya berkewajiban agar setiap peserta JKN mendapatkan pelayanan yang optimal ketika berkunjung ke faskes. Oleh karenanya, upaya ini kami lakukan secara rutin sehingga faskes kerja sama memang telah memenuhi standard untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada peserta JKN. Penilaian terhadap faskes tentunya disesuaikan dengan instrumen penilaian yang telah disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku,” jelas Anindha.

 

Selaras dengan hal tersebut, Ketua Tim JKN RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh, Maimunah berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi setiap pasien yang berkunjung ke rumah sakit, termasuk peserta JKN.

 

“Kami berkomitmen untuk selalu meningkatkan pelayanan yang kami berikan, untuk menjaga hal tersebut maka diperlukan assessment rutin sehingga pelayanan yang kami terapkan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Sebagai bentuk komitmen kami terhadap pelayanan, kami buktikan juga dengan dibukanya ruangan Stroke Center. Kami berharap Peserta JKN akan lebih puas terhadap fasilitas yang ada di faskes kami,” ujar Maimunah.

 

Maimunah turut menyampaikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan yang secara rutin melakukan recredentialing dimana menurutnya kegiatan ini merupakan sarana evaluasi bagi faskesnya karena melalui kegiatan ini pihaknya dapat mengetahui apa saja kekurangan yang harus dipenuhi, sehingga RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh bisa selalu memberikan pelayanan terbaik bagi peserta JKN. (YG/gn)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *